Ilustrasi penjual sembako di Pasar Karah Agung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 30 April 2019. Medcom.id/ Amaluddin.
Ilustrasi penjual sembako di Pasar Karah Agung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 30 April 2019. Medcom.id/ Amaluddin. (Amaluddin)

Harga Kebutuhan Pokok di Jatim Beranjak Naik

kebutuhan pokok Ramadan 2019
Amaluddin • 30 April 2019 15:21
Surabaya: Harga bawang putih di pasaran wilayah Jawa Timur bergerak naik menjelang bulan Ramadan, yakni Rp60 ribu per kilogram (kg). Tingginya permintaan konsumen dan minimnya pasokan komoditi menjadi penyebab naiknya harga sembako tersebut.
 
"Harga bawang putih sudah mahal sejak dua bulan terakhir. Padahal banyak pembeli, sementara pasokannya sulit," kata Syifaatun, 46, salah satu penjual sembako di Pasar Karah Agung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 30 April 2019.
 
Harga bawang putih di pasaran Jatim saat ini mencapai Rp60 ribu per kg, naik dari sebelumnya di kisaran Rp14 ribu hingga Rp20 ribu per kg. Selain itu, harga bawang merah juga naik menjadi Rp32 ribu per kg, dari sebelumnya Rp10 ribu per kg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari pantauan di lokasi, harga cabai merah juga naik Rp35 ribu per kg dari sebelumnya Rp12 ribu hingga Rp15 ribu per kg, tomat naik Rp15 ribu per kg, dari sebelumnya Rp5.000, telur naik Rp24 ribu dari sebelumnya Rp19 ribu hingga Rp20 ribu per kg.
 
"Kalau harga gula pasir masih stabil di kisaran Rp11.500 dari sebelumnya Rp10 ribu per kg, naiknya tipis. Harga daging sapi juga stabil di kisaran Rp108 ribu per kg," kata Syifa.
 
Menurut Syifa, tidak semua harga komoditi di pasaran naik. Ada beberapa harga komoditi justru turun drastis, seperti harga daging ayam Rp25 ribu, turun dari harga sebelumnya Rp35 ribu. Kemudian harga beras kualitas super Rp10 ribu per kg, yang sebelumnya Rp17 ribu per kg.
 
"Itu beras sudah kualitas paling bagus, turun drastis. Karena memang sekarang memasuki pasa panen padi, sehingga harga beras turun anjlok," kata Syifa.
 
Senada juga disampaikan, Inayati, 48, seorang pedagang di Pasar Baru, Kabupaten Gresik. Ia mengaku kulakan barang dan komoditas langsung ke ritel. Sebab kulakan langsung ke ritel lebih murah dari pasaran. 
 
"Barang dan komoditas di pasaran itu di pasok dari ritel, makanya saya langsung mengambil ke ritel," ujar Iin, sapaan akrabnya, melalui sambungan selulernya.
 
Ibu tiga anak itu mengatakan, harga tiga komoditas seperti gula, minyak goreng dan daging di pasaran Gresik tidak jauh berbeda dengan di Surabaya. 
Misalnya, harga gula masih di kisaran Rp11 ribu per kg, harga bawang putih Rp55 ribu per kg, dan harga daging sapi sebesar Rp108 ribu per kg. "Harga telur juga naik sebesar Rp24 ribu hingga Rp25 ribu per kg," ujarnya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif