Pendaftaran Bacaleg di Jatim Sepi Peminat

Amaluddin 11 Juli 2018 17:11 WIB
pileg
Pendaftaran Bacaleg di Jatim Sepi Peminat
ilustrasi Medcom.id
Surabaya: Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Jawa Timur sepi peminat. Pasalnya hingga sepekan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim belum menerima satu nama pun bacaleg dari partai politik (parpol).

"Padahal KPU telah membuka pendaftaran sejak 4 Juli 2018. Tapi sampai sekarang masih belum ada yang mendaftar," kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, dikonfirmasi, Rabu, 11 Juli 2018.

Eko belum mengetahui pasti kenapa belum ada bacaleg yang daftar. Padahal, lanjut dia, pihaknya telah mengimbau agar pendaftaran dilakukan seawal mungkin agar mempermudah proses pemberkasan.


"Jadi ketika nanti ada berkas yang kurang, bisa segera memperbaiki, merevisi sebelum ditetapkan sebagai bacaleg," katanya.

Hingga saat ini, lanjut Eko, baru ada dua parpol yang berkomunikasi dengan KPU Jatim terkait pendaftaran bacaleg. Yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat. "Rencananya PAN akan mendaftar besok Kamis, dan Partai Demokrat Sabtu akhir pekan ini," ujarnya.

Eko pun kembali mengimbau kepada parpol untuk secepat mungkin melakukan pendaftaran. Dikhawatirkan jika semua parpol mendaftar pada hari-hari terakhir akan menggangu proses pemberkasan.

"Kalau semuanya mendaftar pada hari terakhir, nanti pasti terjadi penumpukan berkas. Tapi prinsipnya kami siap kapan saja," kata Eko.

KPU Jatim secara resmi membuka pendaftaran bacaleg untuk Pemilihan Legislatif (Pemilu) 2019. Pendaftaran dibuka pada 4 hingga 17 Juli 2018 mendatang.



(ALB)