Jumlah Peserta Mudik Gratis Pemkot Malang Bertambah

Daviq Umar Al Faruq 08 Juni 2018 19:13 WIB
Mudik Lebaran 2018
Jumlah Peserta Mudik Gratis Pemkot Malang Bertambah
Peserta Mudik Gratis memasuki bus di depan halaman Balai Kota Malang, Jumat, 8 Juni 2018, Medcom.id - Daviq
Malang: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Jawa Timur, melepas peserta mudik gratis di halaman Balai Kota Malang, Jumat, 8 Juni 2018 pukul 07.00 WIB. Jumlah peserta mudik gratis pada 2018 lebih banyak ketimbang tahun lalu.

Kepala Dishub Kota Malang Kusnadi mengatakan menyediakan 949 kursi untuk peserta mudik gratis. Pemkot menyediakan 9 bus plus 10 bus dari Dinas Perhubungan Jatim untuk mengantar pemudik ke sejumlah wilayah.

Adapun 9 jurusan itu yakni empat unit bus ke Malang-Sumenep (PP) dengan total 191 penumpang, dua unit bus ke Malang-Pamekasan (PP) dengan total 109 penumpang, empat bus ke Malang-Bojonegoro (PP) dengan total 178 penumpang, dua bus Malang-Ngawi (PP) dengan total 103 penumpang, dan satu bus Malang-Ponorogo (PP) dengan total 55 penumpang.


Selain itu juga disediakan sebanyak tiga bus Malang-Trenggalek (PP) dengan total 132 penumpang, satu bus Malang-Lumajang (PP) dengan jumlah 48 penumpang, satu bus Malang-Jember (PP) dengan total 43 penumpang, dan satu bus Malang-Banyuwangi dengan jumlah 42 penumpang.

"Total jumlah peserta mudik gratis sebanyak 901 penumpang," ucapnya.

Kusnadi menambahkan jumlah peserta mudik pada tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya pada tahun lalu Dishub memberangkatkan sebanyak 725 penumpang dengan 15 unit bus dengan 6 jurusan di Jawa Timur. 

"Artinya ada kenaikan jumlah penumpang pada tahun lalu yang peserta mencapai 725 orang dari jumlah total seat yang disediakan yakni 885.  Tahun ini, jumlah seat 949 dan total penumpang 901," bebernya.

Dalam pelaksanaannya, Dishub Kota Malang juga tetap melakukan pengawalan dengan memberikan satu petugas di tiap bus untuk mendampingi para peserta mudik gratis. Upaya ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para pemudik.

"Kami berharap program ini mampu mengatasi tingkat kemacetan di masa lebaran 2018, mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas serta memberikan rasa aman dan nyaman penumpang mudik," pungkasnya.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id