Kendaraan melintasi jalur tol fungsional Malang-Pandaan yang baru dioperasikan pada Jumat, 21 Desember 2018, Medcom.id - Daviq Umar
Kendaraan melintasi jalur tol fungsional Malang-Pandaan yang baru dioperasikan pada Jumat, 21 Desember 2018, Medcom.id - Daviq Umar (Daviq Umar Al Faruq)

Perjalanan Malang-Pandaan Kini Cuma 40 Menit

natal dan tahun baru
Daviq Umar Al Faruq • 21 Desember 2018 18:53
Malang: Jarak tempuh Malang menuju Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, lebih singkat. Hal itu disampaikan pengendara yang melintasi tol Malang-Pandaan (Mapan) di hari pertama pengoperasian pada Jumat, 21 Desember 2018.
 
"Ini pertama kali saya mencoba tol fungsional (tol Mapan) ini. Lumayan, waktunya lebih singkat ketimbang jalur non-tol," ungkap Haidar saat ditemui di pintu keluar tol di Karanglo, Malang.
 
Haidar berkendara dari pintu masuk tol Pandaan, Pasuruan, menuju Malang. Ia menjajal jalur tersebut untuk pulang kampung di Bangil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila lewat jalan raya, ujarnya, ia harus menempuh perjalanan selama lebih satu jam. Malah, tak jarang ia berkendara selama dua jam lantaran lalu lintas padat.
 
"Lewat tol ini malah cukup cepat. Hanya butuh 40 menit," ungkap Haidar.
 
Kondisi jalan sudah bagus. Namun, lanjutnya, pembangunan fisik di beberapa titik belum rampung.
 
"Banyak yang belum selesai tadi saya liat. Tapi tidak terlalu mengganggu ya. Selain itu pemandangannya pun cukup bagus," kata Haidar.
 
PT Jasa Marga Mapan mencatat 3.494 kendaraan melintas tol fungsional itu sejak pukul 07.00 sampai dengan 15.00 WIB. Rata-rata, sebanyak 436 kendaraan melintas tiap jam.
 
Tol Mapan beroperasi secara fungsional mulai 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Tujuannya, memperlancar arus lalu lintas di musim libur Natal dan Tahun Baru.
 
Pengendara yang melintas tak dipungut biaya. Hanya saja, jenis kendaraan yang melintas dibatasi yaitu golongan 1 terdiri dari Sedan, Jip, Pick Up, dan Bus.
 
Sedangkan, untuk ruas tol yang akan dioperasionalkan sementara hanya dari Pandaan, Pasuruan menuju Karanglo, Malang. Operasional. Tol fungsional dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi