Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen Condro Kirono di Pos Pengamanan Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 2 Juni 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.
Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen Condro Kirono di Pos Pengamanan Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 2 Juni 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi. (Syaikhul Hadi)

Jumlah Pemudik di Terminal Purabaya Menurun

Mudik Lebaran 2019
Syaikhul Hadi • 02 Juni 2019 10:49
Sidoarjo: Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Condro Kirono melakukan sidak di Pos Pengamanan Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya, Jawa Timur. Condro menyebut ada penurunan penumpang sebanyak 30 persen saat puncak arus mudik dibandingkan lebaran jika dibanding tahun lalu.
 
"Tadi saya cek juga terkait keberadaan penumpang melalui terminal Bungurasih ini. Mulai H-7 hingga H-3 saat ini. Penumpang terbanyak yakni pada H-4," ujar Condro yang di lokasi Minggu, 2 Juni 2019. 
 
Condro menyebut pada H-4 kemarin, jumlah penumpang mencapai 42 ribu orang. Jumlah tersebut terbilang menurun dibanding tahun sebelumnya yakni sebanyak 30 persen. Justru, saat ini banyak warga masyarakat yang lebih memilih transportasi kereta api. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedepan, penumpang ini akan semakin turun. Kecuali penumpang dengan tujuan lokal Jawa timur. Seperti Bojonegoro, Madura, Ponorogo dan beberapa daerah lain," jelas Condro.
 
Condro memint calon penumpang tidak mencari tiket di calo. Condro juga menegaskan agar masyarakat tidak segan-segan melapor kepada petugas yang ada di Pos PAM Terminal. Pos Pengamanan memang sengaja diperuntukkan bagi pengguna transportasi bus yang mempunyai keluhan terkait calon dan sebagainya.
 
"Begitupun dengan kenaikan tiket. Tidak ada sama sekali. Disini sudah ada pos PAM. Silahkan bisa langsung mendatangi Pos saat ditawari oleh calo," pungkas Condro.
 
Selain di Terminal Bungurasih, Condro Kirono juga akan memantau jalur arus mudik melalui udara dengan menggunakan Heli Dauphin dari Pelabuhan Ketapang. Rombongan juga akan mendarat di Pelabuhan Gilimanuk, lalu melanjutkan pengecekan Pos PAM yang ada di Lombok. 
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif