Ilustrasi. Calon siswa didampingi orang tua melakukan proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA melalui sistem zonasi. (ANT/Risky Andrianto)
Ilustrasi. Calon siswa didampingi orang tua melakukan proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA melalui sistem zonasi. (ANT/Risky Andrianto) (Antara)

Jokowi: PPDB Zonasi Perlu Dievaluasi

PPDB 2019
Antara • 20 Juni 2019 16:32
Gresik: Presiden Joko Widodo mengakui pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi banyak menemui masalah. Sehingga perlu dievaluasi. 
 
"Memang di lapangan banyak masalah yang perlu dievaluasi, tapi tanyakan lebih detail kepada Menteri Pendidikan (Muhadjir Effendy)," kata Jokowi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis, 20 Juni 2019. 
 
Sebelumnya, sejumlah orang tua siswa di beberapa wilayah Jawa Timur mengeluhkan proses PPDB 2019 tingkat SMA/SMK negeri sistem zonasi.  Sejumlah orang tua siswa sempat mendatangi kantor Dinas Pendidikan di beberapa wilayah di Jatim, seperti di Surabaya dan Madiun, untuk memprotes pelaksanaan sistem tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali murid SDN Barata Jaya Surabaya Fitri Suhermin mengaku kecewa, peladen yang telah ditutup pada Rabu, 19 Juni 2019, malam, dibuka kembali pada Kamis pagi tadi. Fitri kecewa karena pada PPDB zonasi mengakibatkan anaknya tidak bisa masuk ke SMPN 8, yang jaraknya hanya 700 meter dari rumahnya. 
 
"Yang diterima NUN (Nilai Ujian Nasional) lebih kecil, tapi jaraknya emang lebih dekat," ujarnya.
 
Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kota Madiun, Eddie Sanyoto, mengaku prihatin terhadap polemik PPDB siswa jenjang SMA/SMK. Apalagi di Madiun, menjelang penutupan pendaftaran ada dua sekolah dari enam SMA negeri yang pagunya belum terpenuhi. Sementara empat SMA negeri jumlah pendaftar justru membludak.
 
"Ini sudah kami prediksi sejak awal. Harapan kami pemerintah daerah bisa turun tangan, agar ada komunikasi dengan Pemprov Jatim untuk mengatasi masalah ini," kata Eddie.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif