Suasana Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles. (Medcom.id/Amal)
Suasana Jalan Raya Gubeng Surabaya ambles. (Medcom.id/Amal) (Amaluddin)

Jalan Ambles Karena Dinding Penahan Proyek Tidak Kuat

Tanah Ambles di Gubeng
Amaluddin • 19 Desember 2018 02:51
Surabaya: Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, diduga ambles karena kesalahan kontruksi pada proyek di RS Siloam. Hal itu didapatkan dari hasil laporan sementara kepada Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.
 
"Sebab, dinding penahannya dari proyek basemennya tidak kuat. Kita ada gambar terakhir dari pengerjaan proyek itu, di gambar laporan itu ada dinding penahan yang berlubang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau lokasi kejadian, Rabu, 19 Desember 2018.
 
Baca: Jalan Gubeng Surabaya Ambles

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mestinya, lanjut Eri, dinding penahan itu tidak boleh berlubang. Harus rapat, padat dan kuat. Sehingga, tidak akan terjadi ambles jika dinding penahan tersebut kokoh.
 
"Selain dinding penahan berlubang, ada satu dari empat sisi dinding penahan basemen yang belum dikerjakan. Itu yang membuat longsor sampai ke jalan, sehingga tanah jalan itu ketarik," ujar Eri.
 
Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tepatnya di sekitar proyek gedung RS Siloam ambles sekira pukul 22.00 WIB, Selasa, 18 Desember 2018. Amblesnya jalan tersebut menyisakan lubang yang menganga dengan panjang 20 meter, dan lebar sekitar 15 meter.

 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi