Ilustrasi pedagang sembako sedang menunggu pembeli, Kamis, 2 Mei 2019. Medcom.id/ Rahmatullah
Ilustrasi pedagang sembako sedang menunggu pembeli, Kamis, 2 Mei 2019. Medcom.id/ Rahmatullah (Rahmatullah)

Harga Kebutuhan Pokok di Sumenep Mulai Naik

kebutuhan pokok Ramadan 2019
Rahmatullah • 02 Mei 2019 20:42
Sumenep: Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai naik sejak sepekan terakhir. Diprediksi, harga tersebut akan terus bergerak naik hingga menjelang hari raya Idul Fitri.
 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat mencatat harga bawang putih saat ini mencapai Rp70 ribu per kilogram (kg), padahal sebelumnya berkisar Rp45 per kg. Daging ayam kampung semula Rp75 ribu kini menjadi Rp 80 ribu per kg. Telur ayam petelur yang awalnya Rp23 ribu naik menjadi Rp24 ribu per kg,
 
"Tingginya harga itu karena tingginya permintaan jelang bulan suci ini," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Sumenep, Abd Said, saat dikonfirmasi, Kamis, 2 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Said menjelaskan, kenaikan harga tersebut  berdasarkan pantauan di dua pasar tradisional terbesar di Sumenep, yaitu Pasar Anom di Desa Kolor, Kecamatan Kota, dan Pasar Bangkal di Desa Bangkal, Kecamatan Kota.
 
Said juga merinci sejumlah kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Cabai kecil yang semula Rp12 ribu menjadi Rp20 ribu per kg.
 
Bahkan ada komoditi justru harganya turun, seperti daging ayam potong yang semula Rp34 ribu menjadi Rp32 ribu per kg. Begitu juga harga cabai merah besar turun menjadi Rp25 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kg.
 
Said juga menyebut bawang merah dari semula Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu per kg. Harga tomat juga turun dari Rp18 ribu menjadi Rp15 ribu per kg.
 
"Wortel naik Rp13 ribu dari harga awal Rp10 ribu per kg. Meski demikian, Said mengatakan ada sejumlah komoditi yang harganya tidak berubah, antara lain kubis tetap Rp6 ribu per kg," ungkap Said.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif