Parpol Diingatkan Penuhi 30% Keterwakilan Perempuan
ilustrasi Medcom.id
Jember: Kuota perempuan untuk calon legislatif sebanyak 30 % harus dipenuhi partai politik (parpol) peserta pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember secara intensif menyampaikan hal tersebut sesuai diamanatkan oleh Undang-undang.

Ahmad Hanafi Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengatakan, persyaratan bagi setiap parpol dari 50 jumlah kursi yang ada. Parpol harus mendaftarkan minimal 30% kuota untuk perempuan.

"Kita secara intensif menyampaikan itu, karena ini amanah Undang-Undang demikian. Dan itu harus menjadi perhatian parpol." Kata Hanafi kepada Medcom.id di Jember Jumat, 13 Juli 2018.


Menurut Hanafi, jika dalam satu dapil terdapat 7 kursi maka yang harus terpenuhi yakni minimal 3 kuota perempuan. Hal ini sebagai afirmasi bagi perempuan peserta pemilihan umum, agar mendapatkan hak yang sama.

"Biar keterwakilan kaum perempuan benar-benar tampak. Apalagi undang-undang yang bicara, mau tidak mau harus ada." Ujar Hanafi.

Hanafi juga menjelaskan, nomor urut pendaftaran juga harus diperhatikan oleh parpol. Jadi untuk calon wakil rakyat perempuan tidak boleh ditaruh di paling bawah, tetapi harus berada di 3 besar. 

"Maka nantinya dalam Daftar Calon Sementara (DCS) ataupun Daftar Calon Tetap (DCT) perempuan tidak menjadi yang terakhir." Pungkas Hanafi.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id