Risma Kirim Tim Medis dan Psikolog Bantu Korban Gempa Lombok
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Antara/M Adimaja.
Surabaya: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kali ini, Pemkot Surabaya akan mengirim dokter, perawat dan psikolog.

"Mereka akan dikirim ke Lombok Senin lusa," kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Tak hanya personel, Risma mengaku juga menyiapkan beberapa barang yang benar-benar dibutuhkan masyarakat korban gempa di Lombok. Di antaranya genset, pompa air, penjernih air, serta peralatan medis mulai dari obat-obatan untuk operasi dan baju operasi.


"Barang-barang semacam itu di sana tidak ada, makanya kami belikan untuk dikirim," ungkap Risma.

Saat ini, kata Risma, Pemkot Surabaya telah mendirikan tiga posko di Lombok. Masing-masing berlokasi di Desa Gangga, Desa Penangan Timur dan Desa Bayam. "Ketiga posko tersebut terus dibuka hingga kondisi benar-benar kondusif. Sampai saat ini, mereka masih ketakutan tinggal di rumah dan masih tinggal di tenda-tenda," jelas Risma.

Risma memastikan berbagai macam bantuan yang dikirim Pemkot Surabaya sudah tepat sasaran. Sebab, Pemkot telah bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok agar menerima berbagai macam bantuan yang telah dikirim.
 
"Nanti petugas akan menyampaikan ke kita kalau barang sudah dikirim, termasuk menginformasikan daerah-daerah mana saja yang belum tercover bantuan," beber Risma.

Risma sebelumnya telah memerintahkan jajarannya memilah beberapa jenis pakaian dan celana yang layak pakai, serta pakaian anak dan dewasa. Ia menganjurkan agar masyarakat membantu pakaian dan celana baru, bukan barang bekas.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id