Hari Penerbangan TNI AL Sebabkan Penundaan Penerbangan Bandara Juanda

Syaikhul Hadi 25 Juni 2018 14:58 WIB
penerbangan
Hari Penerbangan TNI AL Sebabkan Penundaan Penerbangan Bandara Juanda
Bandara Juanda Surabaya. (ANT/ZABUR KARURU)
Sidoarjo: PT Angkasa Pura I Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, mengklarifikasi adanya penutupan sementara akses jalur transportasi udara di Terminal Bandara Juanda Surabaya. 

"Saya klarifikasi, itu bukan penutupan bandara Juanda. Karena sampai hari ini aktivitas penerbangan tetap berjalan. Jadi tidak ada penutupan Bandara," ujar Humas Bandara Juanda, Yuristo melalui ponselnya, Senin, 25 Juni 2018.

Yuristo mengatakan, namun adanya pengaturan lalu lintas dalam perayaan Hari Penerbangan TNI Angkatan Laut di Bandara Juanda Surabaya. Sehingga menyebabkan penundaan keberangkatan pesawat.


"Jadi, pengaturan lalu lintas ini dilakukan langsung oleh AirNav (pihak berwenang). Sedangkan angkasa pura hanya mengatur  penumpang yang ada di terminal," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, sudah diterbitkan notice to airmen (NOTAM) sejak tanggal 22 hingga 25 Juni. Notam itu dikeluarkan sejak kegiatan militer melakukan aktivitas latihan. Meski begitu, aktivitas penerbangan saat ini sudah berjalan normal. 

"Sekarang sudah selesai. Undangannya khusus hari ini tadi berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB. dan aktivitas penerbangan sudah kembali normal," tambahnya. 

Sementara itu, perihal penerbangan Lion Air yang mengalami penundaan. Dia mengakui, di jam-jam bersamaan dimungkinkan terjadi penundaan penerbangan Lion Air.

"Mungkin di jam (bersamaan) itu yang banyak dari penerbangan Lion. Meski ada penerbangan lain yang juga mengalami hal sama, selebihnya di luar jam kegiatan tersebut. Alhamdulillah saat ini aktifitas sudah terpantau normal," tandasnya. 

Baca: Penerbangan di Bandara Juanda Sempat Mengalami Penundaan



(LDS)