Banjir merendam ruas jalan Desa Pesawaah, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.
Banjir merendam ruas jalan Desa Pesawaah, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 6 Maret 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi. (Syaikhul Hadi)

Pasca Diguyur Hujan, Dua Dusun di Porong Kembali Banjir

banjir musim hujan
Syaikhul Hadi • 06 Maret 2019 17:36
Sidoarjo: Pasca diguyur hujan semalaman, dua dusun di desa Pesawahan Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur tergenang banjir. Banjir yang menggenang wilayah tersebut mencapai ketinggian sekitar 30 centimeter.
 
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pesawahan, Porong, Sidoarjo, Mundzir mengatakan, banjir merendam akses jalan, kantor desa, puluhan rumah warga hingga lembaga pendidikan.
 
"Iya benar, banjir setinggi lutut orang dewasa," kata Mundzir dalam keterangannya, Rabu, 6 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mundzir menjelaskan, sejak Selasa sore, 5 Maret kemarin, Kabupaten Sidoarjo diguyur hujan deras dan angin kencang. Hujan berlangsung hingga beberapa jam kemudian.
 
"Hujan mulai sore sampai malam sekitar pukul 22.00 WIB," jelas Mundzir.
 
Akibat hujan, hingga saat ini jalan akses raya balai desa di dusun Pesawahan dan Dusun Bendungan, Desa Pesawahan, Kecamatan Porong tergenang banjir. Tak hanya kantor pemerintah, banjir juga menggenangi pendopo desa, halaman  SDN Pesawahan, dan puluhan rumah yang ada didua dusun desa.
 
"Untuk didusun Pesawahan, diperkirakan ada 30 an rumah yang tergenang banjir. Air sudah banyak yang masuk ke rumah-rumah warga," beber Mundzir.
 
Meski demikian, pihaknya menyebut aktifitas warga tetap berjalan normal. Hanya saja kalangan petani masih belum bisa melarang dikarenakan sawahnya turut terkena banjir. 
 
Beberapa bulan yang lalu, kawasan ini juga sempat mengalami banjir yang sama. Genangan setinggi 70 centimeter disebabkan tingginya curah hujan, dan meluapnya sungai yang ada dikawasan tersebut. Tak ayal, air meluber ke jalan desa hingga ke rumah-rumah warga.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif