Ratusan Rumah di Sumenep Rusak Akibat Gempa
Kondisi rumah di Sumenep setelah terjadi getaran gempa - FOTO ISTIMEWA
Sumenep: Ratusan rumah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, rusak setelah wilayah tersebut diguncang gempa berkekuatan 6,3 skala richter yang berpusat di Situbondo, Jawa Timur. Reruntuhan material bangunan itu tidak hanya memakan korban luka, tapi juga korban jiwa. 

"Data sementara ada 35 rumah rusak. Tapi tadi tambahan informasi sudah 100 rumah yang rusak akibat getaran itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi, Kamis, 11 Oktober 2018.

Saat ini dia mengaku pihaknya masih fokus mendata kerusakan rumah tersebut, termasuk juga mendata para korban. Pemerintah juga dipastikan akan menjaga keamanan korban.


"Pendataan itu juga berkaitan dengan pemberian bantuan," ujar Rahman.

Baca: Gempa Situbondo Akibat Patahan Back Arc Thrust

Pemerintah sambung Rahman juga telah membuka posko untuk memaksimal pendataan korban tempat evakuasi korban bencana. Saat ini, korban luka sudah dievakuasi, sementara yang meninggal diserahkan kepada keluarga.

"Sudah ada 9 orang yang menderita luka. Sedangkan yang meninggal ada 3 orang," ungkap dia.

Senada dengan Rahman, Camat Gayam, Kabupaten Sumenep,  Mohammad Mansur, membenarkan rusaknya ratusan rumah tersebut di wilayahnya. Hanya saja Mansur mengaku tidak bisa merinci berapa total rumah rusak berat dan ringan itu. Dia mengatakan belum ada data pasti.

"Kita masih mendata," jelasnya.





(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id