Gempa 5,2 SR Goyang Malang
Ilustrasi gempa, Medcom.id - M Rizal
Surabaya: Gempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang wilayah selatan dari Malang, Jawa Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi sekitar pukul 13.09 WIB, Rabu, 8 Agustus 2018. Gempa berlokasi di 68 kilometer sebelah barat daya dari Kabupaten Malang. Kedalaman pusat gempa kurang lebih 13 Km.

Hingga berita ini dimuat, Medcom.id belum mendapat laporan kerusakan maupun korban dalam peristiwa itu.


Gempa tersebut bukan kali pertama terjadi di wilayah Jawa Timur. Kepala BPBD Jatim Suban Wahyudiono mengatakan, sejak Januari hingga Juli 2018, sebanyak 90 gempa terjadi di wilayah provinsi tersebut. Magnitude gempa berkisar mulai dari 2,7 sampai dengan 5,8 SR.

Suban mengatakan sebagian besar gempa terjadi di wilayah selatan. Seperti Kabupaten Malang, Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Trenggalek, dan Pacitan.

"Gempa terjadi di laut, bukan di daratan. Tapi getarannya terasa hingga ke Malang, Jember, Banyuwangi, dan Pacitan," ujar Suban di Surabaya, Rabu, 8 Agustus 2018.

Bila terjadi di daratan, lanjut Suban, guncangan dapat merusak ratusan rumah. Tapi BPBD mencatat pusat gempa berada di laut dengan kedalaman puluhan meter.

Suban mencontohkan gempa yang terjadi di daratan di Sumenep, berkekuatan 4,8 SR, pada Juni 2018. Pusat gempa berada pada koordinat 6,88 LS dan 113,94 BT dengan kedalaman 12 kilometer.


Guncangan mengakibatkan kerusakan di tiga kecamatan di Sumenep. Puluhan rumah dan bangunan pelayanan umum rusak.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id