Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Amaluddin)

Jawa Timur Berpotensi Dilanda 12 Bencana

bencana longsor bencana banjir
Amaluddin • 24 Januari 2019 08:00
Surabaya: Hampir semua daerah di Jawa Timur rawan bencana. Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, ada 12 ancaman potensi bencana di wilayahnya.
 
"Sebanyak 11 potensi bencana alam dan satu bencana non alam," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban Wahyudiono saat dikonfirmasi, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Adapun 11 bencana alam itu adalah bencana banjir, banjir bandang, banjir rob, stunami, kekeringan, tanah longsor, angin puting beliung, dan lainnya. Sedangkan bencana non alam antara lain bencana dari pabrik atau perusahaan seperti kebocoran gas, ledakan, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bencana alam itu biasa terjadi di wilayah utara Jatim seperti potensi banjir, kemudian di selatan ada langsor dan tsunami," jelas Suban.
 
Suban kembali mengatakan, ada 22 dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim rawan bencana banjir. Di antaranya daerah sekitar Kali Welang Rejoso di Probolinggo, Sungai Pekalen di Situbondo. Kemudian Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jombang, dan Mojokerto biasa banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo.
 
Kemudian 13 kabupaten rawan longor, seperti di Trenggalek, Probolinggo, Bondowoso, Pacitan, Ponorogo, Situbondo, dan Banyuwangi. Lalu 23 kabupaten berpotensi mengalami kekeringan, dan 156 desa di 8 kabupaten rawan tsunami. 
 
"Mulai Desember 2018,  telah terjadi 81 kali banjir, 6 kali banjir bandang, 105 kali angin kencang, puting beliung 32 kali, dan tanah longsor 42 kali. Tapi alhamdulillah kejadian tanah longsor tidak banyak menimbulkan korban," beber Suban.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif