Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Amaluddin)

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Pasuruan Banjir

bencana longsor bencana banjir
Amaluddin • 20 Maret 2019 15:55
Surabaya: Hujan berintensitas tinggi kembali mengguyur sejumlah daerah Jawa Timur. Belasan desa di tujuh kecamatan di Kabupaten dan Kota Pasuruan, pada Selasa, 19 Maret 2019, kebanjiran
 
"Ada 13 Desa di tujuh kecamatan banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, kepada Medcom.id, Rabu, 20 Maret 2019.
 
Hujan deras mengguyur wilayah Pasuruan sekitar lima jam sejak pukul 15.30. Debit air dari beberapa sungai di Kabupaten Pasuruan meluap dan meluber ke pemukiman masyarakat dari wilayah barat hingga timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada beberapa sungai yang airnya meluber ke masyarakat, yaitu sungai Wrati, Kedunglarangan, Rejoso, Lawean, Welang, Manaruwi, dan Petung," ujarnya.
 
Adapun tujuh kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Gempol, Beji, Bangil, dan Kraton. Lima kecamatan itu berada di wilayah barat di Kabupaten Pasuruan. Sementara di wilayah timur, yakni Kecamatan Winongan, Grati dan Rejoso.
 
Banjir setinggi 10-40 sentimter terjadi di Desa Gempol dan Desa Legok, Kecamatan Gempol. Banjir di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji dab Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton mencapai ketinggian 50-60 sentimeter. Sedangkan di Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil, ketinggian banjir mencapai 20-40 sentimeter.
 
Kemudian di wilayah timur, banjir terjadi di Desa Bandaran, Kecamatan Winongan, dengan ketinggian mencapai 40 sentimeter. Banjir di enam dusun di Desa Winongan Kidul mencapai 90 sentimeter.
 
Lalu banjir di dua desa Kecamatan Grati, yakni Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan, dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Sementara di Kecamatan Rejoso, banjir setinggi 10-30 sentimeter melanda Desa Sambirejo, Sadengrejo dan Toyaning.
 
Banjir yang melanda wilayah tersebut terus berangsur surut hingga pukul 15.35 WIB, Rabu, 20 Maret 2019. Ketinggian air sampai saat ini rata-rata mencapai 10 hingga 30 cm.
 
"Ketinggian air di semua wilayah sampai sore ini terus menurun," kata Bakti.
 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif