Akhir Tahun, Pemkab Sidoarjo Ngebut Selesaikan Pembangunan

Syaikhul Hadi 29 Desember 2017 12:59 WIB
pemda
Akhir Tahun, Pemkab Sidoarjo Ngebut Selesaikan Pembangunan
Bupati Sidoarjo Saiful Illah saat pemaparan kinerja Pemkab Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa -- medcom.id/Syaikhul Hadi
Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo optimis mampu menyelesaikan pembangunan sebelum batas yang ditentukan. Saat ini, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Siodarjo masih menggenjot penyelesaian pembangunan hingga pergantian tahun.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan serapan anggaran sudah mencapai 85 persen. Namun, jumlah itu belum final sebelum batas akhir tahun.

"Kinerja semua OPD bakal diselesaikan, jangan sampai tertunda," kata Saiful saat pemaparan kinerja Pemkab Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 28 Desember 2017.


Menurut Saiful, baru-baru ini Pemkab Sidoarjo sedang gencar melaksanakan program baru, yakni pembangunan jalan dengan sistem cor. Rencana awal, pemerintah menggarap jalan cor sepanjang 4 kilometer di lima titik di Sidoarjo.

"Lima titik ini harus selesai tahun ini. Kalau tidak, bisa kena pinalti," katanya.

(Baca: Pemkab Sidoarjo Realisasikan Jalan Coran)

Kawasan yang menjadi target penyelesaian tahun ini, yaitu Jalan Porong di Krembung, Jalan Bulang di Prambon, Kepadangan di Krembung, Prambong di Gedangrowo, serta Jalan Kebonagung, Kemasan.

Normalisasi Direncanakan Tahun Depan
Selain itu, Pemkab Sidoarjo juga melakukan evaluasi terkait banjir yang kerap datang saat musim hujan. Saiful mengatakan, banjir berasal dari luapan sungai yang tidak bisa menampung kapasitas air.

"Normalisasi kami rencanakan 2018, terutama di Sungai Kalimati di Jabon yang berbatasan dengan kawasan Bangil-Pasuruan. Itu penting dilakukan normalisasi. Jika itu jebol, bisa-bisa banjir lebih besar lagi. Makanya, secepatnya kami perbaiki disana," tegasnya.

Sebagai informasi, beberapa bulan lalu banjir sempat merendam kawasan Porong, Sidoarjo. Banjir setinggi 70-90 sentimeter itu membuat semua aktifitas lumpuh hingga sepekan.

(Baca: Banjir Porong Dibuang ke Tanggul Lumpur Sidoarjo)



(NIN)