ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Amaluddin)

Kasus DBD di Jatim Terus Meningkat

demam berdarah
Amaluddin • 04 Februari 2019 17:25
Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur belum menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Padahal, jumlah kasus DBD di Jatim terus meningkat.
 
"Kasus DBD di Jatim belum masuk kreteria yang disyaratkan sebagai daerah KLB sesuai regulasi yang berlaku," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Kohar Hari Santoso, dikonfirmasi, Senin, 4 Februari 2019.
 
Berdasarkan catatan Dinkes Jatim, jumlah kasus DBD di Jatim terus meningkat. Sebanyak 46 dari 2.660 orang menderita DBD meninggal dunia pada Januari 2019. Angka itu naik menjadi 55 dari 3.686 orang menderita DBD meninggal dunia per 2 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, Kohar menganggap jumlah kasus DBD di wilayahnya masih rendah, jika dikomparasi dengan kasus yang terjadi pada rentang waktu yang sama pada tahun 2018 lalu. 
 
Pada tahun 2016 lalu, ada 24.415 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 356 orang. Lalu pada tahun 2018 sebanyak 9.087 kasus dengan korban 93 orang. Sehingga belum bisa ditetapkan sebagai KLB DBD di Jatim.
 
"Status KLB DBD bisa ditetapkan jika ada kenaikan 50 persen atau lebih, dibandingkan dengan periode sebelumnya dalam kurun waktu yang sama," ujarnya.
 
Kohar tak mengela jumlah kasus DBD pada Januari 2019 lebih tinggi dibanding tahun lalu. Menurut Kohar, ada faktor angka kasus DBD itu meningkat. "Di antaranya karena musim hujan, kondisi lingkungan dan kesadaran masyarakat dalam hal ini menjaga kebersihan sekitar," ujarnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif