Proses pengiriman kereta api dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Bangladesh, Minggu, 20 Januari 2019. (Medcom.id/Amaluddin).
Proses pengiriman kereta api dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Bangladesh, Minggu, 20 Januari 2019. (Medcom.id/Amaluddin). (Amaluddin)

PT INKA Garap Ratusan Kereta Untuk Jabodetabek

kereta api
Amaluddin • 20 Januari 2019 18:21
Surabaya: PT INKA (Persero) saat ini sedang memproduksi 438 kereta pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Nantinya, ratusan kereta itu akan digunakan di beberapa daerah di Indonesia.
 
"Ada yang akan dioperasikan di Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, atau wilayah Jabodetabek," kata Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Munggu, 20 Januari 2019.
 
Budi menjelaskan, ada beberapa jenis kereta yang kini diproduksi oleh PT INKA, salah satunya kereta jenis LRT (Light Rail Transit), yang berjumlah sekitar 31 trainset. Nantinya, kata Budi, kereta-kereta tersebut akan dikirim secara bertahap mulai pertengahan tahun 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nilai kontrak proyek itu mencapai Rp3,9 triliun dengan jumlah mencapai 31 rangkaian atau 186 kereta," jelas Budi.
 
Sementara itu, Menteri Perindustrian (Mendag), Airlangga Hartarto, memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan PT INKA yang mampu memproduksi kereta api dengan kualitas terbaik. 
 
"Pemerintah sangat mendukung. Karena pencapaian membanggakan ini, bukti bahwa kemampuan engineering dan teknologi kita yang bersaing di kancah industri perkeretaapian dunia," ungkap Airlangga.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi