Tiga Jalur Menuju Gunung Bromo Ditutup Selama Nyepi

Daviq Umar Al Faruq 12 Maret 2018 13:01 WIB
hari raya nyepi
Tiga Jalur Menuju Gunung Bromo Ditutup Selama Nyepi
Gunung Semeru terlihat dari Desa Argosari, Senduro, Lumajang, Jawa Timur. (ANT/Seno)
Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menutup seluruh jalur menuju wisata Gunung Bromo pada Sabtu, 17 Maret 2018, hingga Minggu, 18 Maret 2018. Penutupan jalur dilakukan selama Hari Raya Nyepi 1940.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, mengatakan penutupan akan dilakukan di tiga jalur menuju wisata Gunung Bromo.

Yakni dari arah Probolinggo ditutup di Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura. Lalu dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Terakhir dari arah Lumajang dan Malang akan ditutup di Blok Jemplang.


"Selama ini yang ditutup hanya jalur dari arah Pasuruan saja. Namun tahun ini, setelah berkoordinasi dengan pihak terkait tiga-tiganya kami tutup," kata John, Senin 12 Maret 2018.

Penutupan jalur wisata Gunung Bromo ini berdasarkan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 238/REKOM/PHDI-KAB/XI/2017 dan Sabha Pandita Paruman Dukun Pandita Kawasan Tengger Nomor 09/REKOM/PDP-TENGGER/XI/2017.

Diharapkan dengan penutupan jalur, umat Hindu di sekitar Gunung Bromo dapat menjalankan ibadah Nyepi dengan tenang.

"Penutupan jalur ini untuk menghargai umat Hindu yang mau beribadah. Selain itu ada manfaatnya juga yakni konservasi di Gunung Bromo karena bebas pengunjung," beber John.

Meskipun ditutup, petugas dari Balai Besar TNBTS tetal akan berjaga di kawasan Gunung Bromo. Wisatawan pun, kata dia, tetap bisa berswafoto dari penginapan. Tapi tetap dilarang memasuki kawasan Gunung Bromo. 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id