PT KAI Gratiskan Angkut Motor Jelang Lebaran
Stasiun Kota Baru Malang
Madiun: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang ingin membawa sepeda motor di dalam kereta api secara gratis. Fasilitas ini merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Supriyanto, mengatakan masyarakat yang merencanakan untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran, dapat mendaftarkan sepeda motornya untuk diangkut dengan kereta api secara gratis.

"Telah disiapkan posko pendaftaran oleh Kementerian Perhubungan, di masing-masing stasiun yang disinggahi, jadi manfaatkan kesempatan ini," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 April 2018.


Pendaftaran sepeda motor (bukan penumpang) dibuka secara online mulai 9 Februari sampai 24 Juni 2018. Pendaftaran tersebut dibagi dalam dua tahap. 

"Tahap satu dimulai 9 Februari sampai 9 Mei 2018 dan Tahap dua dimulai 9 Mei sampai 24 Juni 2018," tambah Supriyanto.

Stasiun tujuan pengiriman motor di Daop 7 Madiun sendiri terdiri dari Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Blitar.

Adapun beberapa persyaratan pendaftaran yakni memiliki SIM dan STNK, KTP, KK asli beserta masing-masing tiga lembar foto copy serta tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor.

Kemudian kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik; jumlah helem sesuai dengan kebutuhan, dibawa oleh pemilih saat mudik; dan harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua) pada sepeda motor.

Terakhir, sepeda motor harus dilengkapi dengan pegangan belakang; tangki bensin harus kosong saat akan diangkut; dan kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana dan mengisi formulir pendaftaran. 

"Untuk keamanan pengangkutan, ekspeditor akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki BBM," pungkasnya.

Rangkaian kereta api angkutan motor gratis ini terdiri dari 8 gerbong dengan kapasitas 1 gerbong maksimal 58 motor. Sementara itu, total motor yang bisa diangkut sebanyak 464 motor dalam 1 rangkaian KA Motis.

Idul Fitri tahun ini diperkirakan bertepatan dengan 15-16 Juni. Angkutan motor gratis ini diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, lewat Ditjen Perkeretaapian, dan bekerja sama dengan PT KAI.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id