Tiket KA di Daop 9 Jember Habis Terjual
Ilsutrasi Kereta. MI/Arya Manggala
Jember: Stok tiket Kereta Api (KA) jarak menengah dan jarak jauh saat arus mudik dan balik di Daop 9 Jember habis terjual hingga H+3 Lebaran. 

Informasi yang diperoleh dari  PT KAI Daop 9 Jember, 100 persen tiket kereta api sudah terjual. Khususnya perjalanan dari Banyuwangi ke Surabaya, menggunakan KA Probowangi, KA Mutiara Timur, dan KA Sritanjung.

Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif mengatakan, saat ini tiket yang masih tersedia adalah perjalanan KA lokal jarak pendek, Banyuwangi-Jember. 


"Sudah habis terjual sampai H plus 3 lebaran. Mohon maaf yang belum bisa mudik dengan KA," kata Luqman kepada Medcom.id Sabtu, 2 Juni 2018.

Menurut Lukman angkutan lebaran pada tahun ini, PT KAI juga memberlakukan tarif batas atas untuk tiket kelas eksekutif dan bisnis. Namun kenaikanya tidak melebihi dari aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Harga tarif reguler kelas eksekutif mencapai kisaran Rp250 ribu-Rp300 ribu Sedangkan untuk kelas bisnis, berkisar antara Rp200 ribu-Rp220 ribu/tiket," tambah Luqman.

Lebih lanjut Luqman mengatakan, meskipun kelas eksekutif dan bisnis naik, namun untuk tiket kelas ekonomi tidak ada kenaikan dan tetap dengan tarif subsidi dari pemerintah. 

"Tarif ekonomi tidak ada kenaikan karena telah disubsidi oleh pemeintah." Pungkas Luqman.

Di wilayah Daop 9 Jember tercatat ada 7 perjalanan kereta api, baik jarak menengah maupun jarak jauh. Selain itu juga ada 4 kali perjalanan kereta api lokal setiap harinya. 




(ALB)