Kondisi Gunung Bromo terakhir. Istimewa/BNPB
Kondisi Gunung Bromo terakhir. Istimewa/BNPB (Daviq Umar Al Faruq)

Wisatawan Boleh Menikmati Pemandangan Erupsi Bromo

erupsi gunung gunung bromo
Daviq Umar Al Faruq • 25 Maret 2019 08:19
Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memberikan kesempatan ke pengunjung yang ingin menikmati pemandangan erupsi Gunung Bromo. Namun, pemandangan tersebut hanya boleh disaksikan dari lokasi-lokasi yang aman.
 
"Boleh di Laut Pasir, Penanjakan Bromo, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta dan Padang Savana Kaki Jenggot atau Bukit Telletubies," kata Kepala BB-TNBTS, John Kenedie, Minggu 24 Maret 2019.
 
John berharap tidak ada lagi wisatawan yang mencoba memasuki zona larangan kunjungan yang terletak satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo. BB-TNBTS juga menyiapkan sejumlah pengamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan mengoptimalkan titik pengamanan  sebelum zona berbahaya radius satu kilometer dari kawah aktif Bromo untuk menghalau setiap pengunjung yang akan mendekati kawah aktif Bromo," bebernya.
 
BB-TNBTS juga bakal mengoptimalkan jumlah personel pengamanan. Terutama lewat berkoordinasi dengan TNI, Polri, Pelaku Jasa Wisata, BPBD dan pemerintah desa.
 
Media informasi seperti spanduk atau baliho mengenai kondisi erupsi Gunung Bromo juga bakal diperbanyak. Wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara diharap dapat memahami bahaya erupsi.
 
John mengaku pihaknya bakal tetap melakukan pendekatan persuasif dan edukatif kepada setiap pengunjung.
 
"Hal itu agar mereka dapat menyadari dan memahami situasi dan kondisi Gunung Bromo yang saat ini sedang erupsi tanpa mengurangi niat untuk menikmati eksotika Bromo," pungkasnya.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif