NasDem Perkenalkan 87 Bacaleg DPR RI Asal Jawa Timur
Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Jawa Timur, Ipong Muchlisoni, saat menggelar perkenalan (ta'aruf) seluruh bacaleg DPR RI asal Jatim kepada pimpinan media massa. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Berbagai cara dilakukan Partai NasDem untuk memenangkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pileg 2019 mendatang.

Salah satunya DPP Partai NasDem dan DPW Partai NasDem Jawa Timur menggelar perkenalan seluruh bacaleg DPR RI asal Jatim kepada pimpinan media massa di kantor Bappilu NasDem Jatim, Jalan Arjuno Surabaya, Jawa Timur.

"Sebanyak 87 bacaleg NasDem DPR RI asal Jatim, sebentar lagi akan turun dan ta'aruf ke tingkat dapil, guna bertemu dengan pengurus NasDem di daerah. Nantinya kami akan kenalkan mereka di 11 dapil di seluruh Jatim. Enam kali pertemuan, 11 dapil bisa tuntas," kata Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Jatim, Ipong Muchlisoni, Sabtu, 11 Agustus 20181.


Menurut Ipong, cara ini dilakukan agar bacaleg dikenal dan dekat dengan masyarakat. Setelah dikenal, diharapkan dipilih masyarakat. "Bacaleg ini berasal dari berbagai profesi, artis, presenter, dan kepala daerah," jelas Ipong.

Di antaranya adalah mantan Kajati Jatim Maruli Hutagalung, Hayono Isman, Vincensius Awey, artis Manohara dan Indra Maulana. Mereka bertarung lewat Dapil 1 (Surabaya-Sidoarjo). 

Sedangkan di Dapil 2 (Pasuruan-Probolinggo), ada nama mantan Bupati Probolinggo dua priode Hasan Aminuddin, presenter Rahma Sarita Al Jufri dan mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrahman. Selanjutnya Dapil 3 (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso) ada nama Fadil Muzakki Syah, artis Lucky Perdana, dan artis dangdut Yuli Anita KDI.

Sedangkan, Dapil 4 (Jember-Lumajang) ada nama suami Bupati Jember Faida (Abdul Rochim), artis FTV Feriyanto, jurnalis Charles Meikiansyah dan Imelda (adik artis Lucky Hakim). Lalu di Dapil 6 ada nama artis Venna Melinda. "Di dapil Bojonegoro-Tuban ada nama artis Tessa Kaunang. Kemudian artis senior Elma Theana dan penyanyi Ratna Listy," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPP Partai NasDem, Effendy Choirie alias Gus Choi, mengatakan pihaknya akan melakukan pembekalan bagi seluruh caleg DPR RI dan agar mau bekerja sungguh-sungguh.

"Setiap dapil harus ada kursinya. Ini suara rakyat, wakil rakyat yang diwadahi dapil-dapil. NasDem kalau ingin jadi partai nasional harus ada isinya," kata Gus Choi.

Menurut Gus Choi, banyaknya artis yang menjadi caleg tentu mereka sudah punya moda popularitas terhadap masyarakat. Meski demikian, mereka harus dekat dengan rakyat agar bisa disukai dan dipilih.

"Mereka juga harus punya kemauan yang keras, kerja sungguh-sungguh dan dapat suara sebagai vote getter. Artis bukan hanya lipstik dan pajangan. Saat saya dialog dengan beberapa artis seperti Manohara dan Yuli KDI, mereka ternyata cerdas-cerdas dan ada unsur kepedulian tinggi dalam berdemokrasi," pungkas Gus Choi.



(DEN)