Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Amaluddin)

PPDB Tambahan di Surabaya untuk Murid Nilai UN Tertinggi

PPDB 2019
Amaluddin • 20 Juni 2019 20:04
Surabaya: Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tambahan mulai Senin, 24 Juni 2019 mendatang. PPDB tambahan ini hanya berlaku bagi murid dengan nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi, dan tidak terpengaruh jarak atau sistem zonasi.
 
"Kouta PPDB tambahan ini sekitar 4.800 murid," kata Kepala Dindik Kota Surabaya, M. Ikhsan di kantor Dindik Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 20 Juni 2019.
 
Ikhsan mengatakan kuota PPDB tambahan pagu itu akan disesuaikan dengan kapasitas kelas di tiap sekolah. Bila diasumsikan empat sampai delapan siswa per rombel, dengan kapasitas kelas 10 per sekolah, dan jumlah SMPN sebanyak 62 sekolah, maka dibutuhkan 4800 siswa yang akan diterima pada PPDB tambahan pagu ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"PPDB tambahan ini diperuntukkan bagi para siswa dengan nilai UN tinggi, yang gugur dari seleksi zonasi umum karena jauhnya jarak rumah dengan sekolah. Sehingga peserta PPDB tetap merupakan siswa yang telah mendaftar di sistem zonasi," jelas Ikhsan.
 
Di hadapan wali murid, Ikhsan menegaskan pihaknya tidak bisa dan tidak berwenang menghapus sistem zonasi. Sebab, pihaknya hanya menjalankan perintah pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam Permendikbud 51 Tahun 2018.
 
"Kalau kami tidak menjalankan sistem zonasi ini, maka pemerintah pusat akan mencabut semua fasilitas pendidikan dari pusat, baik sekolah negeri dan swasta di Kota Surabaya. Sehingga, kami konsultasi dengan Kemendikbud dan hasilnya diperbolehkan membuka PPDB tambahan," pungkas Ikhsan.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif