ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Daviq Umar Al Faruq)

Jawa Timur Diguncang 633 Gempa Selama 2018

gempa bumi
Daviq Umar Al Faruq • 01 Januari 2019 14:26
Malang: Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang mencatat, sepanjang 2018 gempa bumi di wilayah Jawa Timur terjadi sebanyak 633 kali. Ratusan gempa bumi tersebut terekam pada peralatan Seismograf.
 
Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang, Musripan mengatakan, dari jumlah tersebut, terdapat 13 kali gempa bumi yang dapat dirasakan atau berdampak pada masyarakat Jawa Timur.
 
"Aktivitas gempa bumi tahun 2018 ini lebih tinggi dari tahun 2017 lalu," katanya, Selasa, 1 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rincian jumlah gempa bumi yang tercatat di BMKG Karangkates pada 2017 yakni sebanyak 557 kali. Namun, gempa yang dapat dirasakan atau berdampak pada 2017 lebih tinggi dibanding 2018, yakni sebanyak 15 kali.
 
Musripan menjelaskan, bila ditinjau dari kedalaman atau hiposenternya, rata-rata gempa bumi dangkal di Jawa Timur terjadi akibat aktivitas pergerakan lempeng tektonik di zona subduksi. 
 
"Lempeng tektonik Indo Australia yang menyusup ke bawah lempeng tektonik Eurasia mengakibatkan adanya akumulasi energi pada batuan tersebut hingga pelepasan energi dan pelepasan energi ini yang menimbulkan gempa bumi," bebernya.
 
Oleh karena itu, masyarakat yang sedang berlibur di pantai maupun yang tinggal di pesisir pantai dihimbau untuk selalu waspada. Masyarakat juga dihimbau mampu evakuasi mandiri serta tidak panik apabila terjadi gempa kuat.
 
"Bilamana terdapat gempa berkekuatan lebih dari 7.0 SR, segera tinggalkan pantai ke tempat yang lebih aman atau tempat yang lebih tinggi karena dikawatirkan akan terjadi tsunami," pungkasnya.
 
Sementara itu, rincian gempa di 2018 antara lain, Januari 23 kali; Februari 43 kali; Maret 20 kali; April 51 kali; Mei 56 kali; Juni 48 kali; Juli 110 kali; Agustus 40 kali; September 33 kali; Oktober 70 kali; November 60 kali; Desember 79 kali.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif