Spesialis Pembobol ATM di Jatim Ditangkap
Kasubdit Jatanras Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela, saat merilis kasus pembobolan ATM di Mapolda Jatim. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Subdit III Jatanras Ditreskrimum Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengungkap spesialis pembobol ATM di lima kabupaten/kota di Jatim. Pelaku membobol mesin ATM menggunakan kartu ATM pribadinya.

"Satu pelaku berhasil ditangkap," kata Kasubdit Jatanras Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela, saat rilis kasus tersebut di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa, 30 Oktober 2018.

Leonard mengatkan, pelaku yang ditangkap adalah, Aldy Yossy Saputra, 39, warga Jabon, Porong, Kabupaten Sidoarjo. Dia bekerja sama dengan temannya Edy Mahliando, yang kini masih buron.


Kata Leonard, ada modus khusus yang dilakukan pelaku saat membobol ATM. Pelaku terlebih dahulu melakukan penarikan uang, kemudian mencongkel tempat keluarnya uang dengan obeng.

"Cara ini tak mengurangi saldo uang milik pelaku, yang berkurang hanya saldo saat penarikan. Setelah melakukan penarikan, mesin tempat keluarnya uang itu kemudian dicongkel untuk mengambil uang di dalam mesin ATM," ujarnya.

Akibat pembobolan ini, mesin ATM milik salah satu bank rusak dan mengalami kerugian. Dalam setiap aksinya, pelaku berhasil membobol uang Rp2 juta.

"Pembobolan dilakukan secara berulang sejak Juli. Hasil pembobolan ini total kerugian bank mencapai Rp126 juta," ujarnya.

Pembobolan ini, lanjut Leonard, dilakukan di lima kabupaten/kota di Jatim. Yaitu di Bondowoso, Situbondo, Jember, Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

"Pelaku berpindah-pindah tempat dalam aksinya, agar supaya tidak mudah dideteksi. Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan," kata Leonard.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id