Kodam Brawijaya Kirim Prajurit ke Sapudi
Pangdam V/Bwj bersama-sama Gubernur dan Kapolda Jatim meninjau lokasi gempa di Supadi, Sumenep.
Surabaya: Komando Daerah Militer V/Brawijaya mengirimkan tim untuk membantu menangani korban gempa di Sapudi, Sumenep, Madura. Selain pasukan, Kodam juga mengirimkan tim medis yang terdiri dari dokter, enam perawat, serta tim pendukung lainnya.

"Para personel Zeni dan Tim Kesehatan sudah diberangkatkan pukul 03.00 WIB dini hari," kata Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya, Mayjen Arif Rahman, melalui siaran persnya, Jumat, 12 Oktober 2018. 

Menurut Arif, di lokasi, personel Zeni akan membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. Sedangkan untuk tim medis, akan merawat dan membantu korban gempa. 


Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjamin semua rumah warga yang rusak akibat gempa akan diperbaiki oleh pemerintah provinsi. Sebab, warga terdampak gempa mengatakan ingin rumahnya segera diperbaiki.

“Masyarakat harus diberikan keyakinan bahwa semua kerusakan rumah yang jumlahnya 246 unit itu akan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi,” kata Pakde Karwo. 

Ditambahkannya, saat ini masyarakat terdampak gempa sedang membutuhkan perawatan medis dan tempat tinggal sementara. Mereka enggan dipindahkan dari lokasi gempa.

“Korban tidak mau dipindahkan. Jadi, Pak Pangdam dan Kapolda tadi sudah menyiapkan tenda klinik untuk dijadikan rumah sakit sementara bagi para warga,” kata Pakde Karwo.

Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Situbondo, Jatim, dan Bali, pukul 01.57 WIB, Kamis, 11 Oktober 2018. Gempa terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Jatim, dengan kedalaman 12 kilometer.

Untuk sementara gempa mengakibatkan tiga orang meninggal dan puluhan orang terluka. Selain korban jiwa, ratusan rumah juga rusak. Daerah terparah di Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Madura.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id