Kondisi banjir di wilayah Kabupaten Ngawi Jumat 8 Maret 2019. ANTARA FOTO/SISWOWIDODO
Kondisi banjir di wilayah Kabupaten Ngawi Jumat 8 Maret 2019. ANTARA FOTO/SISWOWIDODO (Amaluddin)

Perbaikan Jalan Provinsi di Jatim Butuh Rp11 Miliar

bencana banjir
Amaluddin • 13 Maret 2019 18:58
Surabaya: Ruas jalan dari arah Kabupaten Ponorogo hingga Pacitan retak pasca banjir. Untuk membenahi jalan tersebut, Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi, mengusulkan anggaran ke Gubernur Jatim sebesar Rp11 miliar.
 
"Anggaran itu belum termasuk antisipasi tebing, agar tidak tergerus kembali oleh banjir Sungai Grindulu di Pacitan," kata Gatot, dikonfirmasi, Rabu, 13 Maret 2019.
 
Selain di Pacitan, jalan provinsi di beberapa daerah juga rusak setelah diredam banjir, di antaranya di Ponorogo, dan Trenggalek. Namun, jalan provinsi yang rusak paling parah terjadi di Pacitan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kerusakannya memang sudah parah di Pacitan, jadi diprioritaskan menjadi atensi utama," ujarnya.
 
Ada beberapa ruas jalan provinsi di Pacitan mengalami rusak seperti retak hingga ambrol, setelah diredam banjir selama tiga hari mulai Selasa-Kamis, 5-7 Maret 2019. Di antaranya keretakan ruas jalan yang cukup dalam di kawasan Desa Tegalombo, Kabupaten Pacitan.
 
Kemudian dua ruas jalan di kawasan Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Sementara jalan ambrol terjadi di Jalan Ponorogo menuju Pacitan tepatnya di Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan. 
 
"Untuk sementara, jalan yang ambrol ditutupi dengan terpal, untuk menghalau air hujan agar tidak masuk ke celah retakan, dan demi keselamatan pengguna jalan," ujarnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyikapi serius soal bencana banjir di 17 Kabupaten/Kota di Jatim pekan lalu. Khofifah kemudian memerintahkan tiga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menangani langsung.
 
Tiga Kepala OPD itu adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, dan Biro Kesejahteraan Jatim. "Kami minta mereka mengecek langsung daerah-daerah banjir terutama memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Misalnya di Pacitan itu tugasnya Dinas PU dan Bina Marga Jatim," ujar Khofifah.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi