Pengunjung menikmati suasana di pinggir pantai di Malang, dok: istimewa
Pengunjung menikmati suasana di pinggir pantai di Malang, dok: istimewa (Daviq Umar Al Faruq)

Pengunjung Pantai di Malang Harus Waspada

Tsunami di Selat Sunda
Daviq Umar Al Faruq • 25 Desember 2018 16:09
Malang: Wisatawan yang hendak berwisata di sejumlah pantai di Malang, Jawa Timur, harus waspada. Sebab gelombang tinggi tsunami bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Kepala BMKG Karangkates Musripan mengatakan tsunami di pesisir Malang tak terjadi tiba-tiba. Kondisi itu berbeda dari peristiwa tsunami yang terjadi di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018.

"Kalau ditengok dari sejarah di selatan Malang, enggak terjadi tsunami ujug-ujug tanpa ada gempa," kata Musripan di Malang, Selasa, 25 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Tsunami di pesisir selatan Malang, ujar Musripan, diawali dengan gempa. Itupun dengan kekuatan tertentu. Sebab tidak ada aktivitas vulkanik di dasar laut selatan Malang.

Musripan mengatakan tak ada potensi gunung di laut sekitar Malang. Kalau ada tsunami itu pasti diakibatkan oleh gempa bumi tektonik. Potensi selatan Jawa itu tsunaminya akibat dari gempa bumi tektonik.

Musripan mengimbau kepada wisatawan yang sedang berlibur di pesisir pantai selatan untuk waspada. Namun wisatawan tak perlu panik dan bisa tetap berlibur dengan normal.

"Hanya saja tetap waspada. Apalagi jeda waktu antara gempa tektonik dengan terjadinya tsunami hampir 30 menit sehingga masih bisa menyelamatkan diri," ungkapnya.

Musripan menjelaskan potensi terjadinya tsunami di pesisir selatan Jawa yakni saat terjadi gempa berkekuatan 7.0 SR keatas. Gempa itu sendiri sudah bisa menimbulkan kerusakan.

"Kalau terjadi gempa kuat, artinya kita mau berdiri aja susah ya, rumah-rumah sudah pada roboh. Mungkin kira-kira diatas 7.0 SR lah, bagi yang berkunjung ke pantai segeralah meninggalkan pantai. Kalau tidak terjadi berarti ya normal-normal saja," pungkasnya.



(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi