Gowes Bengi diadakan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Foto: Polres Lumajang
Gowes Bengi diadakan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Foto: Polres Lumajang ()

'Gowes Bengi' Cara Lumajang Mengenalkan Lalu Lintas Aman

kecelakaan lalu lintas
10 Maret 2019 19:35
Lumajang: Polres Lumajang, Jawa Timur, mengadakan kegiatan Gowes Bengi atau bersepeda malam hari untuk mengenalkan kepada warga cara aman berlalu lintas. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.
 
“Kecelakaan lalu lintas sangat berdampak bagi korban dan keluarganya," kata Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban melalui keterangan tertulis, Minggu, 10 Maret 2019.
 
Arsal mengatakan korban kecelakaan umumnya berusia produktif antara 20-40 tahun. "Siapa yang menjadi mencari nafkah kalau tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan fatal," katanya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kecelakaan lalu lintas berada di posisi kelima penyebab kematian tertinggi di dunia setelah penyakit jantung koroner, diabetes, paru-paru, dan TBC. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat terdapat 27.910 orang tewas akibat kecelakaan di Indonesia pada 2018.
 
"Perang Irak-Iran dan perang di Suriah tidak sampai menyebabkan korban sebesar itu dalam setahun. Lebih rawan lagi, 70 persen dari korban adalah usia produktif yang dikenal sebagai generasi milenial,” kata dia.
 
Gowes Bengi dilaksanakan pada Sabtu, 9 Maret 2019 malam. Ribuan pesepeda menempuh rute sejauh 12 kilometer mengelilingi wilayah Lumajang. 
 
Start dimulai dari alun-alun utara Kabupaten Lumajang, tepatnya di depan kantor pemkab Lumajang. Rute melintasi Adipura ke barat, perempatan Klojen ke utara, perempatan Gadingsari ke barat, sampai ke arah Karangsari ke utara ke arah Kebonagung, Klanting, Panjaitan, dan kembali ke alun-alun.
 
Rizal, 19, peserta Gowes Bengi menyatakan kegiatan ini efektif untuk memperkenalkan aman berlalu lintas. "Kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan polisi dengan generasi milenial," kata dia.
 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif