Yoyok Cabut Permohonan Jadi Perempuan
Ketua Majelis Hakim, Dede Suryaman, saat sidang agenda mengabulkan permohonan Yoyok Prasetyo untuk mencabut permohonan ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa, 27 November 2018. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Yoyok Prasetyo alias Denissia Prasetyo, 23, warga asal Tuban, Jawa Timur, mengurungkan niatnya untuk menjadi perempuan. Pasalnya, Yoyok mencabut permohonannya yang diajukannya ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, pada 13 November 2018.

"Dengan ini hakim tunggal mengabulkan permohonan dari pemohon untuk dicabut," kata Ketua Majelis Hakim, Dede Suryaman, saat mengabulkan permohonan Yoyok untuk mencabut permohonan ganti identitas kelamin dari laki-laki menjadi perempuan pada sidang di PN Surabaya, Selasa, 27 November 2018. 

Dede mengaku tidak mengetahui pasti apa alasan pemohon mencabut permohonannya untuk mengganti kelamin. "Yang jelas kami mendapat surat untuk mencabut laporannya," kata Dede.


Bahkan, Dede juga tidak mendapat konfirmasi kenapa pemohon dan kuasa hukumnya tidak hadir dalam persidangan kali ini. "Meski tidak hadir, kami tetap menggelar persidangan untuk memutuskan pencabutan permohonan dari termohon," katanya.

Humas PN Surabaya, Sigit Sutriono, meminta hakim memerhatikan aspek yang akan menjadi pertimbangan dari ahli. Antara lain, kedokteran, tokoh agama, dan psikolog. "Jadi, kami tidak bisa asal memutuskan jika unsur ini tidak terpenuhi," katanya.

Menurut Sigit, PN Surabaya bukan kali pertama menangani permohonan ganti kelamin. Pada 2016, seorang perempuan dikabulkan permohonannya menjadi lelaki. 

Angelina Karuniata Kanan dimohonkan menjadi laki-laki dan mengubah namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban. "Permohonan itu dikabulkan setelah melalui banyak pertimbangan dari beragam sudut pandang yang memang masuk dalam semua unsur ini," kata Sigit.

Pengajuan permohonan ganti kelamin dan ganti nama menjadi Denissia Prasetyo diajukan Yoyok Prasetyo tercatat dalam register PN Surabaya Nomor 1360/Pdt.P/2018/PN Sby. 

Dalam permohonannya, pria asal Tuban ini mengaku sebagai warga Kedung Tarukan No 84 D Surabaya. Permohonan Yoyok untuk mengganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan disidangkan oleh hakim tunggal Dede Suryaman.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id