Angkutan Umum di Sidoarjo akan Antar Jemput Anak Sekolah

Syaikhul Hadi 25 Mei 2018 19:19 WIB
angkutan umum
Angkutan Umum di Sidoarjo akan Antar Jemput Anak Sekolah
Pelajar menaiki bus sekolah gratis di Jakarta, 13 Januari 2017, Ant - M Adimaja
Sidoarjo: Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, berencana memberdayakan sebagian angkutan umum untuk antar jemput pelajar. Program antar jemput anak sekolah tersebut sebagai bentuk janji Dishub lantaran angkutan kota sudah mulai tertinggal.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Edi Sulistiono mengatakan program angkutan antar jemput anak sekolah sejatinya sudah dicanangkan beberapa tahun belakangan. Bukan tidak mungkin, banyaknya angkutan online membuat taksi konvensional khususnya (angkutan umum) berpenghasilan minim.

"Sebenarnya ini janji kami untuk angkutan umum untuk bisa memberdayakan mereka. Karena, sudah tahu sendiri kan sekarang banyak angkutan online. Jadi, penghasilan mereka bisa terbilang minim," ungkap Edi saat ditemui dikantornya, Jumat, 25 Mei 2018.


Maka dari itu, Dinas Perhubungan Sidoarjo berencana membuat jasa angkut antar jemput para siswa sekolah yang difasilitasi oleh angkutan umum secara gratis. Meski tidak seluruhnya angkutan umum, namun hal ini masih menjadi program awal untuk dikembangkan secara berkala.

"Enggak semua. Karena jumlahnya angkutan umum di Sidoarjo ini kan banyak. Sedangkan untuk sementara waktu kita masih membutuhkan beberapa angkutan umum untuk memfasilitasi para siswa (Antar jemput sekolah)," terangnya.

Berdasarkan data yang ada di Dinas Perhubungan Sidoarjo, jumlah total angkutan umum yang terdaftar 1.200-an unit. Sedangkan jumlah angkutan umum yang sudah memperpanjang izin operasionalnya mencapai kisaran 500 angkot.

"Mungkin karena penghasilannya mereka minim, banyak juga yang belum memperpanjang izin operasionalnya," lanjutnya.

Pihaknya berharap dengan program seperti ini, angkutan umum masih bisa bertahan di kalangan masyarakat. 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id