25 Titik Jalur Macet di Jatim
Ilustrasi: Sejumlah pemudik memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari kenaikan harga tiket yang tinggi dan kemacetan saat puncak arus mudik. FOTO: MI/ BARY FATHAHILAH
Surabaya: Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Timur Wahid Wahyudi menghimbau masyarakat menghindari 25 jalur macet di Jatim. Titik macet tersebut berada di sejumlah jalur utama yang dilalui pemudik, sehingga diharapkan pemudik memilih jalur-jalur alternatif.

"Jalur titik rawan macet arus mudik itu tersebar di sejumlah jalur di Jatim," kata Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi, dikonfirmasi, Kamis, 7 Juni 2018.

Adapun 25 titik rawan macet itu yakni, pertama di wilayah pantai utara (pantura), di Pasar Babat dan Brondong di Kabupaten Lamongan. Kemudian di Duduk Sampeyan, dan Jembatan Sembayat di Kabupaten Gresik. Lalu di Pasar Baureno di Kabupaten Bojonegoro, Bangil di Kabupaten Pasuruan, Pasar Ranuyoso, dan Pasar Pakes Wetan di Kabupaten Lumajang, serta Pasir Putih di Kabupaten Situbondo.


Kemudian titik rawan macet di jalur tengah berada di Simpang Medaeng, dan Kletek di Kabupaten Sidoarjo. Lalu jalur Purwosari-Karanglo-Kepanjang, dan jalur Karanglo-Batu Malang. Persimpangan Tol Pandaaan di Pasuruan.

"Kemudian titik rawan macet di Madura berada di Pasar Tanah Merah dan Pasar Blega, Kabupaten Bangkalan (2 titik)," kata Wahid.

Selanjutnya titik kemacetan lainnya terdapat di Pasar Lawang, Kabupaten Malang. Kemudian di Jalan simpang empat Kenanten-Kabupaten Mojokerto, Jembatan Kayen (exit tol)-Kabupaten Jombang, jalan simpang tiga Mengkreng (perbatasan Jombang-Kediri dan Kertosono), serta Guyangan-Bagor-Saradan-Caruban juga perlu diwaspadai. (5 titik)

"Sebab di kawasan tersebut terdapat perlintasan kereta api, tikungan, tanjakan, dan kepadatan lalu lintas di dua Jalur. Kemudian, di simpang tiga Mengkreng terdapat perlintasan kereta api, jembatan menyempit, dan pedagang kaki lima," kata Wahid.

Lalu jalur utama di wilayah pantai selatan, titik kemacetan berada di simpang tiga Jembatan Ngantru-Kabupaten Tulungagung. Sedangkan, jalur ke arah Malang perlu diwaspadai titik kemacetan mulai dari keluar tol Pandaan (Taman Dayu)-Kabupaten Pasuruan, Purwosari-Kabupaten Pasuruan hingga Singosari Malang, Pasar Lawang, serta Karanglo-Kota Batu.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id