Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. (Medcom.id/Amal).
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. (Medcom.id/Amal). (Amaluddin)

Tiga Bus Rombongan Diduga Massa People Power Dihalau

pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Amaluddin • 20 Mei 2019 14:29
Surabaya: Tiga bus berisi rombongan diduga peserta people power dicegat dan diperintakan `balik kanan` oleh tim Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur. Anggota rombongan berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur.
 
"Kami batalkan untuk ke Jakarta," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, di Surabaya, Senin, 20 Mei 2019.
 
Luki memerinci bus yang diperintahkan putar balik berasal dari Malang, Madiun, dan Tulungagung. Sebelum dipulangkan, penumpang bus terlebih dahulu diminta membuat surat pernyataan tidak akan ikut aksi 22 Mei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepolisian juga menangkap empat penyeru ajakan bertolak ke Jakarta di media sosial. Mereka adalah A, M, F, dan C. Keempatnya koordinator Tour Jihad dan siap memfasilitasi bus dan mobil untuk ke Jakarta. 
 
Menurut Luki, keempatnya menawarkan kendaraan dengan sistem paket. Misalnya, sewa satu bus berisi 50 orang hanya Rp450 ribu.
 
Keempatnya terancam dijerat Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dan 161 junto Pasal 53 KUHP. Mereka kini masih diperiksa. "Statusnya masih kami dalami dan berdasarkan data mereka itu sudah terkumpul 44 peserta. Namun yang baru membayar 36 orang. Kami sudah tindaklanjuti dan kegiatan mereka ini kami batalkan," kata Luki.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif