Calon penumpang menunggu pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur. Medcom.id/Rahmatullah
Calon penumpang menunggu pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur. Medcom.id/Rahmatullah (Rahmatullah)

Sumenep Tanggung Konsumsi Penumpang Kapal Gagal Berlayar

pelayaran cuaca buruk
Rahmatullah • 02 Januari 2019 18:24
Sumenep: Keluhan calon penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur, soal konsumsi direspons pemerintah setempat. Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep bakal menanggung konsumsi warga kepulauan yang sudah berhari-hari menunggu pemberangkatan kapal itu.
 
“Mulai besok (Kamis, 3 Januari 2018) saya akan dropping konsumsi ke pelabuhan,” kata Kepala Dinsos Sumenep, Aminullah, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Total calon penumpang kapal diinformasikan warga lebih dari 40 orang. Rata-rata calon penumpang sudah enam hari tertahan di pelabuhan. Tetapi ada juga yang mengaku baru tiga hari bermalam di ruang tunggu pelabuhan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Kepala Bappeda Sumenep itu mengaku kemarin sudah meninjau ke lokasi. Jumlah calon penumpang berbeda dengan informasi dari warga. Namun dia tak menampik kemungkinan ada calon penumpang yang memilih menginap di rumah kerabat dekat pelabuhan.
 
Dia bakal mengecek ke lokasi lagi untuk memastikan jumlah warga kepulauan tersebut. Selain itu, Aminullah juga menunggu laporan resmi dari otoritas pelabuhan soal data calon penumpang dan kapal berhenti beroperasi.
 
Laporan itulah yang akan dijadikan landasan untuk memberikan bantuan. “Laporan resmi itu nanti akan saya ajukan kepada bupati. Sebenarnya sudah ada laporan, tapi melalui pesan singkat,” jelasnya.
 
Hari ini sudah ada petugas yang mengecek jumlah warga yang menginap di ruang tunggu pelabuhan. Petugas itu mengatakan calon penumpang berkisar 25 orang. Untuk memastikan jumlah tersebut, Aminullah bakal mengirimkan lagi petugas ke pelabuhan. Dia ingin bantuan yang akan dikirim sesuai dengan data di lapangan.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif