Terminal Surya Gapura, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 29 Mei 2019. Medcom.id/ Amaluddin.
Terminal Surya Gapura, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 29 Mei 2019. Medcom.id/ Amaluddin. (Amaluddin)

Pemudik Mulai Memadati Pelabuhan Tanjung Perak

Mudik Lebaran 2019
Amaluddin • 29 Mei 2019 19:43
Surabaya: Terminal Surya Gapura, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, mulai dipadati para pemudik pada H-7 Idulfitri 2019. Para pemudik tersebut akan menyeberang ke beberapa daerah seperti Kalimantan, Lombok, dan lainnya.
 
Pantauan Medcom.id pada Rabu, 29 Mei 2019 petang, para pemudik terlihat berjalan kaki menuju Terminal Surya Gapura. Pengendara sepeda motor dan mobil juga terlihat terus berdatangan ke pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatra tersebut.
 
Sesampai di terminal pelabuhan, mereka memilih lesehan berada di luar dari pada di ruang tunggu pelabuhan. "Lebih santai di luar dari pada di dalam, bisa sambil selonjoran," kata salah seorang calon penumpang Lailatul Hijriyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ila, demikian ia disapa, akan mudik ke Sumatera bersama beberapa teman lainnya. Ila dan tiga temannya sendiri tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Malang. "Jadi ya setiap tahun mudik," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Patrick Pardede mengatakan ada kenaikan tiga hingga empat persen penumpang pada H-7 tahun ini. Bahkan kenaikan terjadi sejak H-9.
 
Berdasarkan data di Pelabuhan Tanjung Perak, ada 17.383 penumpang turun sejak H-15 Kamis, 23 Mei 2019, hingga H-9 Senin, 27 Mei 2019. Sementara sebanyak 7.722 penumpang naik dan 1.900 penumpang lanjutan.
 
"Untuk penumpang turun pada H-9 sendiri tercatat 1.149 orang, sementara untuk penumpang naik sebanyak 5527 penumpang," ujar Patrick.
 
Menurut Patrick ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan penumpang pada arus mudik Lebaran 2019 melalui jalur laut. Salah satunya dipicu karena mahalnya harga tiket pesawat. "Selain itu, karena banyaknya barang bawaan penumpang, dan kapasitas volume penumpang pesawat tinggi," ungkap Patrick.
 
Patrick memprediksi, lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak terjadi pada 31 Mei dan 1 Juni 2019 mendatang, atau dua hari sebelum Lebaran Idulfitri 2019. "Sementara untuk arus balik pada tanggal 8-9 Juni 2019," pungkas Patrick.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif