Nomor Urut Parpol Dilarang Dituliskan pada Alat Peraga Kampanye Pilgub

Kusbandono 30 April 2018 18:03 WIB
pemilupemilu serentak 2019
Nomor Urut Parpol Dilarang Dituliskan pada Alat Peraga Kampanye Pilgub
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pada Pileg dan Pilpres 2019, Senin 30 April 2018, Medcom.id - Kusbandono
Jember: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur menemukan pelanggaran dalam kampanye Pemilihan Gubernur Jatim 2018. Yaitu pemasangan nomor urut partai politik pengusung pada alat peraga kampanye (APK) calon gubernur.

"Itu melanggar aturan. Karena Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden belum memasuki tahapan kampanye," kata Tim Asistensi Bawaslu Jatim Qudhus Salam di sosialisasi pengawasan Pemilu di Jember, Senin, 30 April 2018.

KPU telah mengumumkan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019. Namun, nomor urut itu tak boleh dicantumkan pada alat peraga kampanye Pilgub 2018.


Baca: KPU Umumkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu

Lantaran itu, Qudhus meminta panitia pengawas pemilu menertibkan APK yang menuliskan nomor urut kampanye. "Saya minta dalam dua hari ini segera diambil langkah tindakan penertiban terhadap APK tersebut, dan Panwas telah mengirim surat kepada mereka untuk segera menertibkan APK," ujar Qudhus.

Ketua Panwaslu Jember Abdullah Wahid mengakui menemukan pelanggaran pada pemasangan APK di kabupaten tersebut. Yaitu penulisan nomor urut.

"Makanya kami akan segera ambil tindakan secepatnya, dengan memanggil partai pengusung apakah ini akan kami tertibkan atau mereka sendiri yang menertibkan," ujar Wahid.



(RRN)