Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Amaluddin)

Banjir di Delapan Daerah di Jatim Surut

bencana longsor bencana banjir
Amaluddin • 02 Mei 2019 17:57
Surabaya: Banjir yang terjadi sejak dua hari di delapan daerah di Jawa Timur mulai surut. Warga terdampak banjir Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Lamongan,  Madiun, Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo mulai beraktivitas kembali seperti biasa.
 
"Banjir ini salah satunya karena bulan Mei ini merupakan masa pancaroba," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Suban Wahyudiono, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Banjir melanda delapan daerah di wilayahnya sejak Minggu, 28 April 2019. Salah satunya banjir yang merendam 25 kelurahan di empat kecamatan di Kota Pasuruan. Baanjir juga menyerang delapan kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Ketinggiann banjir di dua daerah itu dengan ketinggian air 10-15 sentimeter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabupaten Madiun, Nganjuk dan Longan, masing-masing satu desa terendam banjir. Di Kabupaten Mojokerto, banjir terjadi di 17 desa di tiga kecamatan.
 
"Banjir di daerah itu satu aliran dari Mojokerto hingga ke Gresik, penyebabnya karena meluapnya Kali Lamong dan dalam waktu bersamaan air laut pasang," ujarnya
 
Jalan nasional Rute Surabaya-Probolinggo yang sebelumnya ditutup akibat banjir sudah bisa dilalui. "Itu banjir genangan, bukan banjir bandang, secara keseluruhan sudah surut semua. Hanya saja air di Kali Lamong masih tinggi. Tapi pengungsi tidak ada," katanya.
 
Suban mengaku sudah koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur dan BPBD di masing-masing daerah untuk menggelar rapat mencari solusi jangka pendek dan jangka panjang.
 
"Bagaimana untuk mengakselerasi normalisasi kali lamong ini. Karena kali lamong di beberapa daerah perlu normalisasi, juga perlu dikeruk dan sebagainya," kata Suban.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif