KPU Jatim Terima 29 Pendaftar Bakal Calon DPD RI

Amaluddin 13 Juli 2018 19:49 WIB
pileg
KPU Jatim Terima 29 Pendaftar Bakal Calon DPD RI
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Surabaya: Pendaftaran bakal calon (balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024 telah ditutup pada Rabu, 11 Juli 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mencatat ada sebanyak 29 orang yang telah mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD RI.

"Hingga batas akhir masa pendaftaran pada Rabu pukul 24.00 WIB, ada 29 orang yang namanya terdaftar," ujar Kassubag Teknis KPU Jatim, Eddy Prayitno, dikonfirmasi, Jumat, 13 Juli 2018.

Menurut Eddy, semua nama tersebut telah dinyatakan memenuhi syarat. Selanjutnya KPU akan memeriksa dan meneliti kembali berkas ke-29 balon DPD RI tersebut.


"Nantinya mereka akan mengikuti tahap berikutnya dan segera disampaikan lebih lanjut," katanya.

Seluruh nama bakal calon DPD RI yang telah mendaftar yaitu, Ahmad Nawardi (Surabaya), Adilla Azis (Malang), AA La Nyalla (Surabaya), Imam Kodri (Sumenep), Suhandoyo (Surabaya), Sonhadji Zainuddin (Lamongan), dan Achmad Rusyad Manfaluti (Mojokerto).

Kemudian, Agus Patminto (Surabaya), RP Ahmad Mujahid Ansori (Surabaya), Zaiful Anam (Sumenep), Emelia Contessa (Ponorogo), Enrico WR Tambunan (Ponorogo), Evi Zainal Abidin (Pasuruan), dan Supriasto (Gresik).

Berikutnya, A Syaiful Ismail (Bangkalan), Abdul Qodir Amir Hartono (Malang), Achman Nurul Ilmi (Pasuruan), Nadjib Hamid (Malang), Muhammad Koderi (Surabaya), Harbiah Salahuddin (Sidoarjo), dan Muhammad Trijanto (Blitar).

Selanjutnya, Purwo Ali (Batu), Alfa Isnaeni (Tulungagung), Fatihul Faizun (Pasuruan), Misbahul Munir (Pasuruan), Pudjo Basuki (Pasuruan), Andi Yuwono (Blitar), Mashudi (Surabaya) dan Fairous Huda (Malang).

Sementara itu, dari sejumlah nama tokoh yang mendaftar, nantinya akan diperebutkan empat kursi senator yang mewakili daerah pemilihan Jawa Timur.

"Sesuai peraturan, syarat dukungan mendaftar minimal adalah 5.000 KTP yang tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Jatim atau 19 daerah," katanya.



(SUR)