Malang Punya Spesies Badak Terbesar di Dunia
Seekor badak India (Rhinoceros unicornis) dipamerkan di Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park, Kota Batu, Minggu 17 Juni 2018. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Batu: Masyarakat yang ingin menghabiskan masa libur lebaran di Malang dan Batu kini dapat menyaksikan secara langsung spesies badak terbesar di dunia. Pasalnya, di Jawa Timur Park, Kota Batu terdapat koleksi satwa langka baru, yakni badak India (Rhinoceros unicornis).

Marketing and PR Manager Jatim Park Group Titik S Ariyanto, mengatakan badak yang memiliki bobot hampir tiga ton ini pertama kali didatangkan ke Indonesia hanya di Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park. Badak tersebut bernama Bertus.

"Kami mendapatkan kepercayaan dari EAZA (European Association Zoo & Aquaria), asosiasi kebun binatang terbesar di dunia untuk konservasi badak berusia 10 tahun ini," katanya, Minggu 17 Juni 2018.


Titik menambahkan Batu Secret Zoo menjadi kebun binatang pertama di Indonesia yang secara resmi dapat berpartisipasi dalam program pengembangbiakan internasional untuk konservasi badak dunia. Badak bercula satu ini didatangka Mei 2018 lalu.

"Kami telah menyiapkan kandang kontrol, kandang pedok dan kandang exhibit untuk badak ini di lahan seluas 7.500 meter persegi. Pada kandang exhibit terdapat kolam air dan kolam lumpur," tambahnya.

Badak India di Batu Secret Zoo ini memiliki kemiripan fisik dengan badak Jawa yang merupakan satwa endemik Indonesia. Namun, Badak Jawa hanya bisa ditemukan di Taman Margasatwa Ujung Kulon dan perkiraan populasinya diprediksi sekitar 63 ekor.

"Keberadaan badak India ini sebagai bentuk upaya dari kami untuk membantu mendukung konservasi badak Jawa dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan konservasi badak Jawa di Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, persebaran badak India biasa ditemukan di India bagian utara seperti Nepal dan Bangladesh. Badak India berhabitat di padang rumput terbuka dekat dengan sungai.

Pada awal abad ke-20, populasi badak India diperkirakan hanya menyisakan 200 ekor akibat perburuan liar sehingga populasinya hampir punah. Namun, berkat program konservasi, jumlah badak India semakin meningkat mencapai sekitar 3.500 ekor.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id