Pelaku Peledakan Bom Kerap Bicara soal Dunia dan Akhirat
ilustrasi-medcom.id
Surabaya: Pelaku terduga teroris yang tewas saat meledakan bom di Mapolrestabes Surabaya, Tri Murtiono kerap menceramahi warga di sekitar rumahnya di Tambak Medokan Ayu Gang, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Pagi sebelum kejadian sekitar pukul 06.00 WIB, saya  diceramahi pada saat mengantar galon air isi ulang ke rumahnya," kata seorang warga setempat, Kasidah saat ditemui di areal sekitar rumah pelaku, Selasa 15 Mei 2018. 

Kasidah menuturkan, telah dua kali bertemu Tri Murtiono saat mengirim air galon isi ulang. Kasidah berjualan air galon isi ulang di sekitar rumah terduga teroris. 


"Sudah dua kali saya mengantar air galon isi ulang. Tapi pada saat mengantar saya tidak boleh masuk ke dalam rumahnya. Saya diminta di depan pagar depan rumahnya," ujar pria setengah baya ini.

Dia mengaku, Tri Murtiono kerap menceramahi perihal sikap yang harus dilakukan manusia di dunia dan akhirat. 

"Intinya hidup itu pasrahkan kepada Allah SWT," katanya.

Baca: Bom Meledak di Mapolrestabes Surabaya

Kasidah mengaku, saat diceramahi hanya menyimak. Dia memilih pamit pulang, karena tugasnya hanya mengantar air isi ulang pesanan Tri Murtinono. 

"Saya pamit pulang karena sudah siang dan ada yang harus saya kerjakan lagi," ujarnya. 

Ketua RT 8 Tambak Medokan Ayu, Suwito, mengatakan pihaknya tidak menduga tetangganya merupakan pelaku peledakan bom di Mapolrestabes Surabaya. 

"Orangnya biasa-biasa saja. Selama ini tidak ada kecurigaan bahwa mereka sebagai pelaku," katanya.

Suwito mengungkap, Tri Murtiono sehari-hari bekerja membuat teralis dari alumunium. Tri pun kurang bergaul dengan warga sekitar. "Kesannya tertutup," imbuhnya. 

Tri Murtiono, Tri Ernawati, Muhammad Dafa Amin Murdana, Muhammad Dana Satria Murdana, dan AIS secara bersamaan meledakkan bom bunuh diri di depan pintu masuk Mapolrestabes Surabaya pada Senin, 14 Mei 2018. 

Dari kejadian tersebut, bapak, ibu dan dua anaknya meninggal dunia. Sementara AIS diselamatkan polisi. 

Baca: Anak dari Keluarga Terduga Pengebom Mapolrestabes Surabaya Selamat

 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id