Petugas mengamati tembok ruko di Surabaya yang ambruk akibat terpaan angin kencang, Rabu, 16 Januari 2019, Medcom.id - Hadi
Petugas mengamati tembok ruko di Surabaya yang ambruk akibat terpaan angin kencang, Rabu, 16 Januari 2019, Medcom.id - Hadi (Syaikhul Hadi)

Angin Kencang Akibatkan Dinding Ruko di Surabaya Ambruk

cuaca ekstrem
Syaikhul Hadi • 16 Januari 2019 19:58
Surabaya: Hujan disertai angin kencang melanda Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu siang, 16 Januari 2019. Kejadian itu mengakibatkan bagian rumah toko di kawasan Undaan Wetan, Genteng, ambruk.
 
Hujan mulai turun sekitar pukul 14.00 WIB. Selain hujan, angin kencang juga bertiup di Kota Surabaya.
 
"Tiba-tiba, tembok balkon ruko ambruk sekitar pukul 15.30 WIB. Ada empat ruko yang terkena dampak," ungkap Soni, juru parkir di kawasan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(Tembok sebuah ruko di Surabaya ambruk setelah angin kencang menerpa, Rabu, 16 Januari 2019, Medcom.id - Hadi)
 
Tembok yang ambruk itu milik ruko suku cadang sepeda motor, PT Pos Indonesia, sebuah kafe, dan sebuah kantor akuntan. Kejadian itu mengakibatkan dua motor tertimpa retuntuhan.
 
"Alhamdulillah tak ada korban jiwa," lanjut Soni.
 
Polisi dan Satpol Pamong Praja pun mendatangi lokasi. Mereka mengevakuasi warga yang masih berada dalam komplek ruko.
 
Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, angin kencang juga bertiup di kabupaten tersebut. Sebanyak 30 rumah di Waru, rusak akibat terpaan angin.
 
"Kejadiannya pukul 14.20 Wib. Sampai hari ini masih ada tiga puluhan rumah yang tercatat mengalami rusak ringan," ujar Kepala BPBD Sidoarjo, Diwjo Prawito. 
 
Tak hanya rumah, beberapa pohon tumbang akibat hempasan angin. Akibatnya beberapa kendaraan tertimpa pohon. Hingga saat ini petugas BPBD masih menyisir lokasi dan melakukan evakuasi warga dikhawatirkan ada angin susulan. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi