Mensos Target 2019 Angka kemiskinan Turun
Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita, saat menghadiri Bimbingan Teknis yang digelar Kementerian Sosial di Hotel Harris Surabaya, Rabu malam, 7 Oktober 2018. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan  akan menurunkan angka kemiskinan dari 9,82 menjadi 9,5 persen pada 2019. Untuk menekan angka itu, Agus akan menambah dana bantuan sosial (bansos) tahun depan.

"Kenaikan dana bansos ini merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat pengurangan angka kemiskinan menjadi 9,5 persen. Tahun depan istilah saya perang terhadap kemiskinan," kata Agus, saat menghadiri Bimbingan Teknis yang digelar Kementerian Sosial di Hotel Harris Surabaya, Rabu malam, 7 Oktober 2018.

Namun, Agus tidak menyebut berapa jumlah peningkatan dana bansos tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa peningkatan dana bantuan ini merupakan salah satu kepercayaan pemerintah kepada Kemensos untuk mengelola dana yang besar. 


"Ini menandakan bahwa ada kepercayaan dari pemerintah untuk memberi amanah kepada Kemensos, dengan menempatkan anggaran yang begitu besar sekitar Rp50 triliun untuk bansos untuk disalurkan," kata Agus.

Kata Agus, pemerintah melalui Kemensos terus berupaya menekan angka kemiskinan di Tanah Air. Salag satunya dengan program pengurangan kemiskinan dan pengentasan kemiskinan.

Menurut Agus dua hal ini berbeda. Misalnya dalam program pengentasan kemiskinan, pihaknya melakukan upaya pemberdayaan melalui pendampingan langsung kepada masyarakat. 

"Program pengentasan kemiskinan itu pada dasarnya adalah pemberdayaan karena kita berikan pendampingan-pendampingan mengenai ekonomi. Kita optimis bahwa angka kemiskinan pada tahun 2019 menurun menjadi 9,5 persen, bahkan bisa di bawah itu," ujar Agus.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id