Warga di Sidoarjo Gotong Royong Bersihkan Sungai

Syaikhul Hadi 13 Oktober 2018 10:39 WIB
musim hujan
Warga di Sidoarjo Gotong Royong Bersihkan Sungai
Warga Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur membersihkan sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga, plastik hingga tanaman enceng gondok. Medcom.id/Syaikhul Hadi
Sidoarjo: Warga Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, gotong royong membersihkan sungai jelang peralihan musim. Sungai dipenuhi sampah rumah tangga, plastik hingga tanaman enceng gondok.

Kondisi memprihatinkan tersebut terlihat di kawasan RT03 RW02 Desa Kedungbanteng. Tumpukan sampah membuat aliran air sungai pampat. Warga berinisiatif kerja bakti untuk bersih-bersih sungai.

"Apalagi di musim kemarau ini, debit air sungai juga jauh berkurang. Sehingga tekanan aliran air tidak terlalu kuat," ucap Ghofur, salah satu warga, Jumat, 12 Oktober 2018.


Tumpukan sampah ini tidak hanya berasal dari warga yang sengaja membuang sampah sembarangan. Sebagia sampah kiriman dari daerah lain. Diperkirakan volume sampah di sungai tersebut mencapai ratusan meter kubik.

"Kebetulan, satu unit eskavator dan truk didatangkan oleh pihak Lapindo. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengangkut dan membersihkan sampah di sungai," katanya.

Tumpukan sampah mulai diangkat menggunakan eskavator. Sampah kemudian diangkut menggunakan truk dan dibuang di lahan kosong yang tidak jauh dari lokasi sungai.

Setelah dirasa mengering, sampah kemudian dibakar oleh warga. "Sejak pagi hingga sore kerja bakti. Karena, selain menggangu pemandangan, sampah juga membuat kawasan setempat menjadi kumuh, dan menimbulkan penyakit," jelasnya.

Peralihan musim kemarau ke musim penghujan sudah mulai dirasakan. Ia menyadari tumpukan sampah di sungai bisa menyebabkan banjir.

"Harapannya, kesadaran masyarakat tidak hanya terlihat pada saat kerja bakti. Tapi dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya. Bukan di sungai," tandasnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id