Buka Muktamar XXI IPM, Jokowi Ajak Pemuda Lebih Kompetitif

Syaikhul Hadi 19 November 2018 17:57 WIB
jokowi
Buka Muktamar XXI IPM, Jokowi Ajak Pemuda Lebih Kompetitif
Suasana Pembukaan Muktamar ke-XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.
Sidoarjo: Presiden Joko Widodo mengingatkan kalangan muda agar tidak pesimis dalam bersaing dikancah nasional hingga internasional. Presiden ingin kalangan muda mempunyai daya saing yang lebih dalam persaingan.

"Perubahan terbesar saat ini adalah persaingan dan kompetisi antar negara yang sudah sangat ketat. Ini adalah sebuah tantangan yang harus kita respon bersama. Terutama pemuda," kata Jokowi saat menghadiri pembukaan Muktamar ke-XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018.

Presiden yakin banyak kalangan muda di Indonesia yang mampu bersaing dengan negara lain. Ia mencontohkan beberapa moment pemuda Indonesia menjuarai olimpiade, baik matematika, fisika, maupun olimpiade lainnya.


"Saya yakin, terutama kader IPM bisa bersaing. Kalangan anak muda sekarang tidak takut bersaing dengan negara lain. Setiap ada kejuaraan nasional pasti menjuarai peringkat satu," ungkap Jokowi. 

Begitu pun dengan persaingan teknologi yang ada saat ini, seperti Unicorn Startup misalnya. Empat dari tujuh negara yang ada, salah satunya berasal dari perwakilan Indonesia. "Jadi, jangan ada yang merasa kecil hati, ini masa depan saudara," pesan Jokowi.

Dalam Muktamar ke XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini, Presiden cukup terkesan. Banyak sekali Hastag Muktamar IPM di Media Sosial, bahkan, banyak video ucapan selamat yang ditujukan kepada IPM dan dikirim dari berbagai Negara. Seperti Thailand, Hongkong, Itali, Dominika dan lain-lain. 

"Jaringan Ikatan Pelajar Muhammadiyah saat ini sudah mendunia. Saya lihat ramai banget. Ini sangat luar biasa. Apalagi, banyak juga video dari YouTube isinya mengajak untuk hadir ke Muktamar, tapi lagunya Asian Games yakni Meraih cinta," pungkas Jokowi.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id