Soekarwo Bakal Antar Khofifah-Emil Daftar ke KPU Jatim
Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Medcom.id - Amaluddin
Surabaya: Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Soekarwo bakal mengantarkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak mendaftar sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) ke KPU Jawa Timur pada Rabu, 10 Januari 2018. Ini dilakukan untuk meyakinkan keraguan masyarakat terkait totalitas Soekarwo untuk mendukung Khofifah-Emil.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio mengatakan, bukan hanya Soekarwo, sejumlah pimpinan partai politik dan kiai sepuh pun turut mengantar pasangan tersebut ke KPU. Rombongan akan berangkat dari dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Siwalankerto, Surabaya. 

“Setelah prosesi khataman Alquran, kami semua berangkat ke KPU,” kata Renville di Surabaya, Selasa 


Usai pendaftaran di KPU, kata Renville, Khofifah-Emil akan menyampaikan sedikit pidato politiknya terkait visi-misinya jika terpilih memimpin Jatim.

Pasangan Khofifah-Emil didukung oleh Demokrat, Golkar, Nasdem, Hanura dan PPP. Renville juga optimis bahwa PAN akan memberikan rekomendasinya ke pasangan tersebut. “Kami optimistis bahwa dukungan kepada Khofifah-Emil akan bertambah, yakni PAN,” kata politikus yang juga anggota DPRD Jatim itu.

Hingga berita ini dimuat, dua nama disebut sebagai calon gubernur Jatim. Yaitu Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. 

Gus Ipul sedianya berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas. Dua partai sudah mendeklarasikan dukungan untuk pasangan tersebut yaitu PDI Perjuangan dan PKB.

Tapi, pada 6 Januari 2018, Anas mengembalikan mandat penugasan sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur ke DPP PDI Perjuangan. Anas resmi mundur dari pencalonan. Sehingga Gus Ipul harus mencari pengganti Anas.

Sedangkan Khofifah menggandeng Emil Elestianto Dardak sebagai calon wakil gubernur. Khofifah merupakan Menteri Sosial RI. Sedangkan Emil kini bertugas sebagai Bupati Trenggalek.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id