Suasana penjagaan di Kantor Bawaslu Kota Malang.
Suasana penjagaan di Kantor Bawaslu Kota Malang. (Daviq Umar Al Faruq)

TNI-Polri Berjaga di Kantor KPU dan Bawaslu Malang

pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Daviq Umar Al Faruq • 09 Mei 2019 17:32
Malang: Ratusan personel gabungan TNI-Polri berjaga di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang, Kamis, 9 Mei 2019. Pengamanan kali ini dilakukan untuk mengantisipasi ajakan People Power.
 
Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan sebanyak 250 personel disiagakan untuk menjaga empat titik. Mulai dari Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Gudang Logistik KPU, dan GOR Ken Arok Kota Malang.
 
"Pengamanan dilakukan karena kemarin beredar di medsos maupun ada pengajuan izin untuk kegiatan buka puasa bersama kemudian juga kegiatan deklarasi kemenangan. Sehingga tempat-tempat itu kita amankan," kata Asfuri, Kamis, 9 Mei 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asfuri menyebutkan pengamanan kali ini untuk mengantisipasi terkait beredarnya pesan ajakan People Power di media sosial beberapa waktu lalu. Pesan tersebut berisikan ajakan kepada masyarakat untuk datang ke kantor Bawaslu dan KPU.
 
"Bawaslu dan KPU pusat juga, ini melakukan kegiatan imbangan, mengantisipasi di Kota Malang. Ya mudah-mudahan tidak ada kegiatan tersebut di Kota Malang. Agar tidak ingin kecolongan, kami siap mengamankan," tegasnya.
 
Selain tempat-tempat penyelenggaraan Pemilu, penjagaan juga dilakukan di GOR Ken Arok. Sebab diakui Asfuri, sebelumnya dikabarkan bakal diadakan deklarasi kemenangan salah satu paslon capres dan cawapres di lokasi tersebut.
 
"Tapi terakhir kegiatan di Gor Ken Arok dibatalkan oleh panitianya," pungkasnya.
 
Pantauan Medcom.id, sejumlah personel gabungan berjaga di Kantor KPU dan Bawaslu Kota Malang. Masing-masing lokasi dijaga oleh sekitar satu pleton aparat dan mobil rantis baja. Selain penjagaan, polisi juga mendirikan barak khusus. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif