40 Anggota Dewan PAW Kota Malang Pelajari KUA-PPAS

Daviq Umar Al Faruq 12 September 2018 17:21 WIB
suap ketua dprd malang
40 Anggota Dewan PAW Kota Malang Pelajari KUA-PPAS
Pertemuan anggota baru DPRD Kota Malang dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu 12 September 2018, Medcom.id - Daviq
Malang: Sebanyak 40 anggota DPRD Kota Malang yang baru saja dilantik mulai bekerja pada hari ini di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu, 12 September 2018. Tahap awal, mereka 'belajar' di hari pertama bertugas.

Pada hari pertama ngantor, puluhan anggota pengganti antar waktu (PAW) itu mendapatkan penjelasan terkait Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS)  APBD Perubahan Kota Malang tahun anggaran 2018.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto mengatakan KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018 sebenarnya telah diproses oleh anggota dewan sebelumnya. Hanya saja, proses tersebut masih belum final.


"Sehingga beliau-beliau sebagai anggota DPRD yang baru minta dijelaskan dasar hukum, mekanisme, proses selama ini yang sudah berjalan di dewan semacam apa, sampai tahap apa," katanya usai hiring dengan anggota dewan yang baru.

Wasto menambahkan tim dan besaran anggaran sudah sebenarnya sudah membahas KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018 dan melaporkannya melalui rapat pleno. Namun, rapat pleno penetapan kesepakatannya belum dilakukan.

"Anggota DPRD yang baru merasa belum mengetahui apa yang selama ini berproses, makanya minta dijelaskan. Supaya nanti saat melakukan pendapat akhir fraksi terhadap kesepakatan KUA-PPAS, mereka paham dengan proses sebelum-sebelumnya," ujarnya.

Saat dijelaskan terkait KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018, para anggota dewan yang baru ini mendengarkan, menyimak dan mencermati. Baik dari referensi yang disampaikannya maupun dokumen yang ada.

"Selain itu kan dokumen-dokumen yang ada di sini (Gedung DPRD Kota Malang) kan ada. Sehingga beliau-beliau (anggota dewan yang baru) juga bisa mempelajari dari dokumen-dokumen yang selama ini ada di sini," ungkap Wasto.

Di samping itu, Wasto menyampaikan tidak ada perubahan pada pembahasan KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018. Hanya saja perubahan tersebut menurut Wasto sudah menjadi kewenangan anggota dewan yang baru ini.

"Seandainya para anggota dewan itu ada perubahan-perubahan yang menyangkut nominal tertentu itu bisa lagi pada waktu pembahasan rancangan perda tentang APBD-P nya. Itu nanti kan full kewenangan dewan yang saat ini," pungkasnya.

Sebanyak 40 anggota PAW DPRD Kota Malang secara resmi dilantik di Ruang Sidang Paripurna, Gedung DPRD Kota Malang, Senin 10 September 2018 pagi. Puluhan anggota PAW ini dilantik untuk melanjutkan sisa masa jabatan anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id