Pemkot Surabaya Kebut Cetak 38 Ribu KTP-el
Ilustrasi. Antara/Irwansyah Putra.
Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, Jawa Timur mengebut pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Permintaan itu lantaran hingga kini ada 38 ribu keping KTP-el belum tercetak.

"Saya minta dikebut dalam waktu tiga hari ini. Saya juga minta Dispendukcapil menyiagakan petugas tiga shift sampai malam, jadi tiga hari ke depan selesai," kata Risma, sapaan akrabnya, di Surabaya, Kamis, 5 Juli 2018.

Risma mengakui pengerjaan KTP-el di wilayahnya lamban. Menurutnya, itu terjadi karena peralatan minim sehingga pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el kurang optimal. 


"Pemohon KTP-el  tidak bisa dilayani dalam waktu yang singkat. Karena keterbatasan alat, salah satunya card reader," kata Risma.

Dalam waktu dekat ini, kata Risma, Pemkot Surabaya berupaya melakukan pengadaan mandiri peralatan-peralatan perekaman dan pencetakan KTP-el yang dibutuhkan. Di antaranya alat perekam dan pendeteksi sidik jari, iris mata, dan printer yang dibutuhkan untuk mencetak KTP-el.

"Pemkot akan menambah lima unit untuk masing-masing alat. Karena sekarang ini memang kurang. Ada sebagian yang kami datangkan dari Kecamatan, makanya ini terus kami tambah. Termasuk nantinya komputer dan printer juga akan ditambah," ujarnya.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id